Mirawati, Kus (2020) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN JASA HALAL LOGISTIK PADA PT MULTI TERMINAL INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Kusmirawati_170301592_COVER)
Kusmirawati_170301592_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_LEMBAR KEASLIAN)
Kusmirawati_170301592_Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_ABSTRAK)
Kusmirawati_170301592_Abstrak.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_PRAKATA)
Kusmirawati_170301592_Kata Pengantar.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_DAFTAR ISI)
Kusmirawati_170301592_Daftar Isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_BAB I)
Kusmirawati_170301592_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_BAB II)
Kusmirawati_170301592_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_BAB III)
Kusmirawati_170301592_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_BAB IV)
Kusmirawati_170301592_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_BAB V)
Kusmirawati_170301592_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_DAFTAR PUSTAKA)
Kusmirawati_170301592_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_LAMPIRAN)
Kusmirawati_170301592_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Kusmirawati_170301592_TUGAS AKHIR FULL)
Kusmirawati_170301592_Tugas Akhir Ful.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kusmirawati. NIM: 170301592. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Jasa Halal Logistik pada PT Multi Terminal Indonesia. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. 29 September 2020.

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor strategi internal dan faktor strategi eksternal serta menentukan strategi pemasaran berdasarkan prioritas yang tepat untuk PT. Multi Terminal Indonesia yang dikenal sebagai IPC Logistics merupakan anak perusahaan dari Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II). PT. Multi Terminal Indonesia menyediakan berbagai layanan logistik, yaitu halal logistik yang telah berdiri sejak 2016. Halal logistik PT Multi Terminal Indonesia melayani layanan penyimpanan dingin produk halal segar seperti ikan beku, daging sapi beku, buah-buahan, sayuran dan makanan olahan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan, merumuskan alternatif strategi unit bisnis perusahaan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara yang dilakukan oleh Senior Manager PT. Multi Terminal Indonesia untuk mengindentifikasi faktor strategis internal serta faktor strategis eskternal, dan pemberian rating dan bobot. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis SWOT meliputi IFAS, EFAS, Matriks IE, dan Matriks SWOT. Diharapkan tugas akhir ini dapat memberikan manfaat bagi akademis, praktisi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa halal logistik pada matriks IE berada pada kuadran IV yaitu posisi Grow and Build (tumbuh dan berkembang dengan total skor IFAS sebesar 3.14 dan total skor EFAS sebesar 2.74. Terdapat lima strategi alternative yang dihasilkan berdasarkan matriks SWOT yaitu; (1) Menambah target pasar yaitu bisnis retail di JABODETABEK untuk meningkatkan pendapatan penjualan perusahaan pada jasa halal logistik MTI. (2) Menciptakan persepsi melalui psychhology benefit sebagai jasa logistik yang (HoTS) honest, trusty, smart, kepada target pasar sehingga konsumen dapat yakin dan percaya atas jasa yang ditawarkan oleh MTI. (3) Strategi differensiasi yang dilakukan yakni mengintegrasikan halal port pada HLC MTI dengan membangun halal hub yang merupakan transit area untuk produk produk dari negara non muslim dengan tujuan ke negara mayoritas muslim di Indonesia. (4) Penetapan harga yang kompetitif dengan strategi diskon yang diberikan.

Kata kunci: Pemasaran, IFAS,EFAS, Matriks IE, Matriks SWOT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, IFAS,EFAS, Matriks IE, Matriks SWOT
Subjects: Sales
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Kusmirawati
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:14
Last Modified: 05 Nov 2020 20:29
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item