Suryanto, Wahyu Iqbal (2021) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENERBITAN TAGIHAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT YAPINDO TRANSPORTAMA. Diploma thesis, Politeknik APP.

[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_COVER)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_LEMBAR KEASLIAN)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_ABSTRAK)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_PRAKATA)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_PRAKATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_DAFTAR ISI)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB I PENDAHULUAN)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB II STUDI PUSTAKA)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB II STUDI PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB IV KEGIATAN KERJA PRAKTIK)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB IV KEGIATAN KERJA PRAKTIK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_DAFTAR PUSTAKA)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_LAMPIRAN)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_TUGAS AKHIR FULL)
Wahyu Iqbal Suryanto_180101957_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Wahyu Iqbal Suryanto, NIM : 180101957. ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENERBITAN TAGIHAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT YAPINDO TRANSPORTAMA. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2021.
Kelancaran proses penerbitan tagihan (invoice) penting untuk diperhatikan agar perusahaan memperoleh pendapatan secara maksimal dan tepat waktu tanpa mengalami terhambatnya cashflow perusahaan. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang menjadi permasalahan pada proses penerbitan tagihan pelanggan dan memberikan usulan perbaikan terkait permasalahan yang terjadi. Kerja Praktik dilakukan di PT Yapindo Transportama yang merupakan salah satu perusahaan jasa ekspedisi pengiriman barang. PT Yapindo Transportama memberikan pelayanan pengiriman barang baik secara individual atau corporate. Setiap bulannya perusahaan pelanggan yang telah bekerja sama dengan PT Yapindo Transportama selalu mengirimkan barang kiriman ke berbagai daerah. Kemudian penagihan pembayaran dilakukan setelah pelayanan pengiriman barang dilakukan. Namun hingga saat ini masih terdapat keterlambatan penerbitan tagihan setiap bulannya. Metode yang digunakan untuk menganalisa penyebab permasalahan yang terjadi adalah metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Setelah observasi dan wawancara dilakukan oleh pihak terkait didapatkan beberapa penyebab permasalahan yang dikelompokan di dalam fishbone diagram. Kemudian dilakukan pembobotan severity rating, occurrence rating dan detection rating untuk mengetahui Risk Priority Number (RPN) tertinggi dari faktor penyebab permasalahan yang terjadi. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan dengan nilai RPN tertinggi yaitu sistem e-SAPA error. Selanjutnya diberikan usulan perbaikan menggunakan metode SMART dengan cara melakukan update hosting sistem dan meningkatkan bandwith sistem.
Kata Kunci : Tagihan (invoice), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), fishbone diagram, Risk Priority Number (RPN)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tagihan (invoice), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), fishbone diagram, Risk Priority Number (RPN)
Subjects: Manajemen Transportasi dan Distribusi
Biaya Logistik
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Wahyu Iqbal Suryanto
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:52
Last Modified: 30 Aug 2021 02:52
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item