Febriyanto, Arbi Nubly (2021) KEGIATAN CUSTOMER SERVICE PADA PERUSAHAAN PENGANGKUTAN LIMBAH B3 PT. DWITAMA MBOJO MANTIKA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Cover)
Arbi Nubly_180302186_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Lembar Keaslian)
Arbi Nubly_180302186_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Abstrak)
Arbi Nubly_180302186_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Kata Pengantar)
Arbi Nubly_180302186_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Daftar Isi)
Arbi Nubly_180302186_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Bab I)
Arbi Nubly_180302186_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Bab II)
Arbi Nubly_180302186_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Bab III)
Arbi Nubly_180302186_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Bab IV)
Arbi Nubly_180302186_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Bab V)
Arbi Nubly_180302186_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Daftar Pustaka)
Arbi Nubly_180302186_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Lampiran)
Arbi Nubly_180302186_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Arbi Nubly_180302186_Tugas Akhir Full)
Arbi Nubly_180302186_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Arbi Nubly Febriyanto. NIM : 180302186. Kegiatan Customer Service pada Perusahaan Pengangkutan Limbah B3 PT. Dwitama Mbojo Mantika Bekasi. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. 2021.

PT. Dwitama Mbojo Mantika merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengangkutan limbah B3. Kerja Praktik dilakukan selama tiga bulan sejak Februari 2021 sampai bulan Mei 2021. Tugas akhir ini bertujuan memberikan solusi yang tepat atas permasalahan dalam kegiatan Customer Service pada PT. Dwitama Mbojo Mantika di Bekasi. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015 jumlah limbah B3 yang diolah sesuai peraturan sebesar 99,77 persen. Dibandingkan tahun 2016 jumlah limbah B3 yang diolah sesuai peraturan sebesar 98,05 persen, mengalami penurunan sebesar 1,72 persen. Dan berdasarkan tahun 2017 jumlah limbah B3 yang diolah sesuai peraturan sebesar 82 persen, mengalami penurunan yang cukup signifikan yaitu sebesar 16,05 persen. Dari data yang dimiliki Badan Pusat Statistik tersebut dapat disimpulkan dari tahun ke tahun proporsi limbah B3 yang diolah sesuai peraturan mengalami penurunan. Maka dari itu dalam penulisan tugas akhir ini, penyusun melakukan kerja praktik dan melakukan pengamatan secara langsung pada bagian Customer Service. Selama menjalani kerja praktik tersebut didapatkan hasil berupa perkerjaan rutin yang dilakukan oleh Customer Service yaitu memberikan pelayanan berupa Mengirim email, mencari dan mengelola data perusahaan calon klien, membuat Surat Penawaran, membuat Surat Perjanjian Kerjasama, dan tindak lanjut (Follow-up). Adapun masalah yang muncul setelah menjalani kerja praktik adalah terhambatnya pengiriman dokumen compro dan legalitas via email, email masuk sebagai spam, mailbox penuh, dan adanya kesalahan dalam penulisan dokumen SPK. Dari permasalahan diatas disarankan untuk memperkecil ukuran file besar tersebut dengan cara mengkompres file tersebut lewat google, Receiver harus lebih bijak dalam memfilter inbox mail agar file yg penting bisa terkirim dengan baik tanpa masuk ke spam, receiver rutin menghapus email yang sudah tidak digunakan atau tidak penting, dan dilakukan revisi untuk memperbaiki kesalahan penulisan alamat tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Service, limbah B3
Subjects: Service
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Arbi Nubly Febriyanto
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:41
Last Modified: 25 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item