Wikansari, Rinandita and Sutjiatmo, Bayu Prabowo and Kurniawan, Muhammad Sani (2018) KEPUASAN AKADEMIK, KONSEP DIRI VOKASIONAL, DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEKOLAH VOKASI DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPTIF TEKNOLOGI. KEPUASAN AKADEMIK, KONSEP DIRI VOKASIONAL, DAN EFIKASI DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA SEKOLAH VOKASI DALAM MENGHADAPI ERA DISRUPTIF TEKNOLOGI. pp. 197-206. ISSN 2615 - 2584

[img] Text
2721-6690-1-SM.pdf

Download (238kB)

Abstract

Pendidikan merupakan elemen dasar untuk memperoleh tenaga kerja yang terampil. Munculnya gelombang pertumbuhan teknologi yang tidak dapat dibendung memunculkan kebutuhan aakan tenaga kerja yang kompeten dan kompetitif. Sekolah vokasi dan politeknik merupakan solusinya. Semenjak kampanye sekolah vokasi berhasil, lebih banyak siswa yang tertarik pada politeknik. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi kepuasan akademik mahasiswa, konsep diri vokasionalnya, dan efikasi diri akademik. Lebih lanjut adalah hubungan antara tiap-tiap variabel ini. Pada riset ini, data diperoleh dari 150 mahasiswa yang mengisi kuesioner secara mandiri (self-reported assessment). Data dianalisis secara statistik menggunakan metode one-way ANOVA, Pearsons product moment correlation, dan analisis regresi. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa menunjukkan kepuasan akademis pada layanan mahasiswa, layanan akademis, dan iklim kampus. Mereka juga menunjukkan level tinggi untuk konsep diri vokasional dan efikasi diri akademis. Kepuasan mahasiswa ini secara signifikan mampu memprediksi konsep diri vokasional dan efikasi diri akademis, dimana kedua hal ini merupakan prediktor utama pada kesuksesan akademik mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kepuasan akademik, konsep diri vokasional, efikasi diri akademik, identitas okupasi, sekolah vokasi
Subjects: Teknik Pengambilan Keputusan
Divisions: Publikasi Ilmiah > Seminar Nasional
Depositing User: Nur Laela Bunga Ababil
Date Deposited: 18 Aug 2022 02:37
Last Modified: 18 Aug 2022 02:37
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item