Rachmawati, Gerberla (2022) LAPORAN MAGANG INDUSTRI PADA PT DHL GLOBAL FORWARDING. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_COVER)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_LEMBAR PENGESAHAN)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_LEMBAR KEASLIAN)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_ABSTRAK)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_KATA PENGANTAR)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_DAFTAR ISI)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_BAB 1)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_BAB1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_BAB 2)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_BAB 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_BAB 3)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_BAB 4)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_BAB 5)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_DAFTAR PUSTAKA)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_LAMPIRAN)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Gerberla Rachmawati_190202627_TUGAS AKHIR FULL)
GERBERLA RACHMAWATI_190202627_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Gerberla Rachmawati. NIM: 190202627. Laporan Magang Industri pada PT DHL Global Forwarding Indonesia. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. 27 Juni 2022.
Tugas akhir ini bertujuan untuk melaporkan kegiatan magang industri yang dilaksanakan pada PT DHL Global Forwarding Indonesia di head office berfokus pada aktivitas customer Service dan operation di departemen ocean freight bagian impor dengan muatan FCL (Full Container Load). PT DHL Global Forwarding Indonesia merupakan sebuah perusahaan freight forwarding yang bergerak di bidang penyedia jasa logistik ekspor dan impor. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dengan menerapkan metode kualitatif untuk pemecahan masalah yang terjadi selama kegiatan magang berlangsung. Kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan kerja praktik yaitu merilis dokumen impor seperti invoice, shipment note, SPDO, faktur pajak, NOA, HBL dan MBL membuat invoice dengan jenis pembayaran tunai dan kredit yang didapatkan dari sistem yang digunakan oleh perusahaan, mendistribusikan dokumen tersebut ke pelanggan melalui email. Berdasarkan obeservasi di lapangan diperoleh beberapa permasalahan yang terindentifikasi diantaranya keluhan dari pelanggan mengenai dokumen impor tidak lengkap serta terdapat kesalahan penulisan dalam dokumen impor yang diberikan oleh operation. Faktor penyebab dokumen impor tidak lengkap serta terdapat kesalahan penulisan dalam dokumen impor adalah keterlambatan menerima dokumen impor dari pihak pelayaran serta kurang teliti dari operation dan customer service dalam mendistribusikan dokumen impor kepada pelanggan. Usulan perbaikan untuk meminimasi dokumen impor tidak lengkap serta terdapat kesalahan penulisan dalam dokumen impor dengan melakukan follow-up kepada tim ekspor, dengan membuat form control guna memastikan seluruh dokumen yang dikirimkan kepada pelanggan lengkap. Melakukan double check sebelum mendistribusikan dokumen impor. Serta memberikan sanksi kepada operation tim seperti pengurangan 5% gaji operation tim yang melakukan kesalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dokumen Impor, Customer Service, Operation, Moda Transportasi Laut, Full Container Load (FCL)
Subjects: Forwarding
Forwarding > Documents Checking
Forwarding > Transport Documents
Divisions: D-3 Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT
Depositing User: Gerberla Rachmawati
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:19
Last Modified: 24 Aug 2022 04:19
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2520

Actions (login required)

View Item View Item