Ramadhanty, Salsabila (2019) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERPENUHINYA PERMINTAAN PELANGGAN PADA PROSES PENGIRIMAN PRODUK RETURNABLE GLASS BOTTLE DI DISTRIBUTOR SOSRO KP LENTENG AGUNG. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_COVER)
Salsabila Ramadhanty_160100777_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_LEMBAR PENGESAHAN)
Salsabila Ramadhanty_160100777_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_LEMBAR KEASLIAN)
Salsabila Ramadhanty_160100777_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_PRAKATA)
Salsabila Ramadhanty_160100777_PRAKATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_ABSTRAK)
Salsabila Ramadhanty_160100777_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_DAFTAR ISI)
Salsabila Ramadhanty_160100777_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB I)
Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB II)
Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB III)
Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB IV)
Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB V)
Salsabila Ramadhanty_160100777_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (Salsabila Ramadhanty_160100777_DAFTAR PUSTAKA)
Salsabila Ramadhanty_160100777_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (371kB)

Abstract

Salsabila Ramadhanty. NIM : 160100777. Analisis Faktor Penyebab Tidak Terpenuhinya Permintaan Pelanggan Pada Proses Pengiriman Produk Returnable Glass Bottle di Distributor Sosro KP Lenteng Agung. Tugas Akhir, Jakarta : Politeknik APP Jakarta. Agustus 2019.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dari tidak terpenuhinya permintaan pelanggan pada proses pengiriman produk Returnable Glas Bottle (RGB), serta memberikan solusi untuk menangani faktor utama terhadap masalah tersebut. Tugas akhir ini menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA) yang terbagi menjadi tiga tahap pengerjaan. Tahap pertama melakukan identifikasi faktor penyebab dengan analisis descriptive (kuesioner) dan melakukan rekapitulasi perhitungan kuesioner, tahap kedua mengidentifikasi akar masalah dengan menggunakan diagram fishbone, dan tahap ketiga melakukan analisis terhadap akar masalah menggunakan metode 5 why. Data yang digunakan untuk melakukan analisis adalah data perbandingan antara data permintaan produk RGB dengan data pengiriman produk RGB serta data produk RGB yang tidak terkirim pada Januari 2018-Mei 2019. Setelah dilakukan analisis menggunakan metode 5 why terdapat dua penyebab akar masalah yaitu karena adanya cost reduction dan tata letak gudang RGB yang tidak teratur. Usulan perbaikan yang diberikan untuk menangani cost reduction pada faktor tenaga kerja pihak Distributor Lenteng Agung dapat melakukan perhitungan beban kerja dengan menggunakan metode full time equivalent. Solusi untuk mengangani tata letak gudang RGB yang tidak teratur, pihak Distributor Lenteng Agung dapat melakukan perencanaan tata letak gudang RGB dengan metode class based storage dan solusi untuk mengatasi cost reduction pada faktor mesin, pihak Distributor dapat menghitung kapasitas truk dengan jumlah barang yang akan dikirim dengan biaya-biaya transportasi yang terkait.

Kata Kunci : Pengiriman, Tidak Memenuhi Permintaan Pelanggan, Root Cause Analysis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Transportasi dan Distribusi
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Marini Badzlina
Date Deposited: 19 Apr 2020 17:11
Last Modified: 19 Apr 2020 17:11
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item