Febriyanti, Nurul Indah (2022) PENGENDALIAN KUALITAS PENGIRIMAN BARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE STATISTICAL QUALITY CONTROL PADA PT TIBEKA LOGISTIK INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Cover)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Halaman Pengesahan)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Halaman Pengesahan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Keaslian)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Keaslian.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Abstrak)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Abstrak.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Kata Pengantar)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Kata Pengantar.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Daftar Isi)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Daftar Isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 1)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 2)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 3)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 4)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 5)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Bab 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Daftar Pustaka)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Lampiran)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Nurul Indah Febriyanti_190102497_Tugas Akhir Full)
Nurul Indah Febriyanti_190102497_Tugas Akhir Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Nurul Indah Febriyanti. NIM : 190102497. Pengendalian Kualitas
Pengiriman Barang dengan Menggunakan Metode Statistical
Quality Control pada PT Tibeka Logistik Indonesia. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2022.

Manajemen kualitas pada suatu industri menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk menghadapi kompetisi di pasar domestik maupun internasional. Oleh sebab itu, perbaikan kualitas perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam menunjang aktivitas bisnis jangka panjang guna mempertahankan ataupun memperluas pangsa pasarnya. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui penyebab utama serta usulan perbaikan dalam menangani permasalahan pengiriman barang ke pelanggan
pada PT Tibeka Logistik Indonesia. Data yang digunakan untuk melakukan analisis adalah hasil observasi secara langsung pada perusahaan dan data pengiriman barang pelanggan. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode pengendalian kualitas menggunakan Statistical Quality Control (SQC). Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis menggunakan check sheet, histogram, didapatkan bahwa salah input di sistem merupakan kategori permasalahan yang paling dominan pada proses pengiriman barang dengan hasil persentase, yaitu 43,10% dengan total jumlah kegagalan 25 pengiriman. Hasil evaluasi menggunakan p chart diketahui bahwa terdapat satu data yang berada di luar kendali namun masih dalam batas wajar. Hasil fishbone diagram didapatkan, bahwa akar penyebab utama terjadinya salah input di sistem dipengaruhi beberapa faktor kategori. Pertama, faktor manusia karena pekerja kurang teliti dan
kurangnya sumber daya manusia. Kedua, faktor metode kerja karena sistem yang kurang user friendly dan SOP yang belum tersosialisasi. Ketiga, faktor mesin karena sistem dan internet yang kurang memadai. Brainstroming dengan pihak terkait diketahui bahwa dari faktor metode sebagai penyebab utama masalah pengiriman barang pelanggan pada PT Tibeka Logistik Indonesia. Faktor metode dianalisis menggunakan 5W+1H untuk mendapatkan solusi berupa usulan perbaikan yaitu pembuatan instruksi kerja pendamping SOP perusahaan dan flowchart atas tahapan yang sudah dikurangi agar lebih efisien. Usulan perbaikan tersebut diharapkan dapat menjadi acuan perusahaan untuk melakukan perbaikan atas permasalahandalam pengiriman barang di PT Tibeka Logistik Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, SQC, Pareto, Fishbone, P Chart
Subjects: Manajemen dan Pengendalian Mutu
Statistik Inferensi
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Nurul Indah Febriyanti
Date Deposited: 15 Nov 2022 04:16
Last Modified: 15 Nov 2022 04:16
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2899

Actions (login required)

View Item View Item