Kurniawan, Hendra Achmad (2022) USULAN PERBAIKAN LAYANAN JASA PINDAHAN DALAM SKALA KECIL PADA PT MEDIA LOGISTIK INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Cover)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Lembar Pengesahan)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Lembar Keaslian)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Lembar Keaslian.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Abstrak)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Abstrak.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Prakata)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Prakata.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Daftar Isi)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Daftar Isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_BAB I)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_BAB II)
1668520845742_Hendra Achmad Kurniawan_180101896_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_BAB III)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_BAB IV)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_BAB V)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Daftar Pustaka)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Lampiran)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Hendra Achmad Kurniawan _180101896_Tugas Akhir Full)
Hendra Achmad Kurniawan_180101896_Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hendra Achmad Kurniawan. NIM: 180101896. Usulan Perbaikan Layanan Jasa Pindahan Dalam Skala Kecil Pada PT. Media Logistik Indonesia. Laporan Tugas Akhir : Politeknik APP Jakarta. September. 2022.
PT. Media Logistik Indonesia merupakan perusahaan jasa yang bergerak dibidang transportasi angkutan barang, jasa pindahan, pengiriman barang, pengiriman frozen food, jasa derek/towing, penyewaan container office, sewa warehouse dan sewa alat berat/crane. Moda transportasi yang dimiliki PT. Media Logistik Indonesia adalah mobil pick up, truk colt diesel engkel, truk box colt diesel engkel, colt diesel double, dan jenis-jenis truk lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan customer. PT. Media Logistik Indonesia memiliki permasalahan yaitu rendahnya tingkat pemenuhan order pada layanan jasa pengiriman barang pindahan dalam skala kecil antara 800 kg sampai 1000 kg. Dampak dari rendahnya tingkat pemenuhan order jasa pengiriman
barang pindahan dalam skala kecil adalah perusahaan menjadi kalah bersaing dengan perusahaan lain dibidang yang sama. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada pada proses pengiriman barang di perusahaan dan memberikan usulan untuk perbaikan dan pengembangan proses layanan pada jasa pengiriman barang pindahan dalam skala kecil pada perusahaan. Metode yang
digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah menggunakan metode Fishbone untuk mencari akar masalahnya dan metode 5W+1H untuk penyelesaian masalahnya. Metode 5W+1H terdiri dari what (apa), why (mengapa), where (dimana), who (siapa), when (kapan), dan how (bagaimana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui penyebab permasalahan rendahnya tingkat pemenuhan order pengiriman barang dalam skala kecil diakibatkan dari 3 faktor, yaitu faktor Man, Machine, dan Method. Usulan perbaikan pada permasalahan yang ada pada PT.
Media Logistik Indonesia adalah melakukan perluasan kerjasama atau perekrutan mitra di daerah dan kota-kota kecil, memberikan pelatihan kepada mitra, mencari dan merekrut perusahaan atau perorangan yang memiliki armada yang bisa memenuhi order, membuat surat jalan online otomatis di website ataupun di aplikasi, dan membuat standar tarif yang sesuai.
Kata kunci: Transportasi, Fishbone Diagram, 5W + 1H

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Fishbone Diagram, 5W + 1H
Subjects: Teknik Pengambilan Keputusan
Manajemen Transportasi dan Distribusi
Business Plan
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Hendra Achmad Kurniawan
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:24
Last Modified: 21 Dec 2022 07:24
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item