Endrawati, Titin and Widodo, Anung and Raharjo, Sugeng Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Volume Penjualan Pada UKM Jakarta. Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan: 6. pp. 1-6. ISSN 1411-142X

[img] Text (Titin Endrawati_Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Volume Penjualan Pada UKM Jakarta)
6_196804212002122001-16-DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UKM JAKARTA.docx - Submitted Version

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK
Dalam kaitan usaha kecil di masa pandemic covid 19 tidak hanya pada pengusaha besar saja tapi pengusaha kecil juga terkena dampak perekonomian yang sulit diakibatkan daya beli masyarakat yang menurun termasuk pengusaha UKM Toko Quinsha di Jakarta yaitu beberapa UKM penjual makanan dipinggir jalan ada usaha kecil sudah tidak berjualan lagi karena tidak ada yang beli sehingga kehabisan modal untuk berjualan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk peneliti yang tergerak ingin meneliti kiat-kiat meningkatkan volume penjualan di masa pandemic covid 19 pada UKM.
Masalah yang dihadapi adalah ketika mengumpulkan data dimana UKM terkadang tidak berjualan dikarenakan masih sepi pelanggan .Tapi ketika ada pesanan melalui telephone maka kami sudah bisa mengambil data konsumen pembeli nasi kebuli .Sedangkan untuk nasi uduk dan nasi ulam masih dapat berjualan setiap hari kecuali hari libur kerja Toko Quinsha tidak berjualan karena pada hari libur kerja biasanya jarang pembeli .Dan untuk menhemat biaya operasional.
Data dikumpulkan melalui pembeli sebagai konsumen untuk mengisi kuesioner. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey . Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran sejumlah daftar kuesioner dengan skala likert diberikan kepada 30 responden setelah disebar dalam kuesioner mengacu kepada variabel penelitian, yaitu Volume Penjualan dan dilihat dari indikator ke 1 mendapatkan 70% , dilihat dari indikator ke 2 mendapatkan 78% dan dilihat dari indikator ke 3 mendapatkan 76% sehingga skor rata -rata persentase seluruh indikator adalah 74,6%
Hasil menunjukkan bahwa skor rata -rata indicator Volume penjualan dari ketiga indicator skor rata-rata indicator masih dalam kategori baik yaitu 74%, hal itu karena skor presentase Volume penjualan persentasi dengan nilai 74% jika dilihat dari batas kriteria ukuran 60 % - 79,99 % adalah baik, Maka hasil rata-rata dari ketiga dimensi Volume Penjualan masih dalam ukuran kategori baik atau masih termasuk baik,
Keyword : Volume Penjualan , Dampak Covid-19, UKM

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Volume Penjualan , Dampak Covid-19, UKM
Subjects: Kewirausahaan
Divisions: Publikasi Ilmiah > Jurnal Nasional
Depositing User: PERPUSTAKAAN POLITEKNIK APP
Date Deposited: 29 Apr 2023 07:56
Last Modified: 29 Apr 2023 07:56
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3388

Actions (login required)

View Item View Item