Puspitasari, Meilisa and Fatmasari, Fajria (2017) PENGELOLAAN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) GUNA OPTIMALISASI PENJUALAN (Studi Kasus pada PT BBG). FMI. ISSN 978-602-8557-31-3

[img] Text (FAJRIA FATMASARI_PENGELOLAAN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) GUNA OPTIMALISASI PENJUALAN (Studi Kasus pada PT BBG).)
198410222009112001-16-Prosiding FMI 9 ISBN_ 879-602-8557-31-3 Judul_ Pengelolaan Hubungan Pelanggan (Customer Relation Manegement) Guna Optimalisasi Penjualan (Studi Kasus pada PT BBG).pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: http://fmi.or.id/downloads/

Abstract

Pengelolaan hubungan dengan konsumen saat ini menjadi salah satu fokus perusahaan. Di samping
memperkuat jejaring, pengelolaan hubungan dengan pelanggan diyakini dapat memberikan
dampak positif yang nyata bagi perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan
segala aktivitas pada PT. BBG berkaitan dengan pengelolaan hubungan dengan konsumen (CRM)
serta dampak dari aktivitas yang telah dilakukan. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pengumpulan dokumentasi dan in-depth interview
dengan pihak terkait, serta desktop-research beragam literatur berkaitan dengan CRM.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa serangkaian aktivitas berkaitan
CRM dilakukan oleh PT. BBG. Berdasarkan frekuensi, aktivitas tersebut diklasifikasikan menjadi
kegiatan rutin dan tidak rutin (insidental). Berdasarkan sifatnya, aktivitas pengelolaan hubungan
dengan pelanggan dibedakan menjadi beberapa kegiatan, yakni hiburan, edukasi, dan olahraga.
Aktivitas CRM dilakukan oleh PIC (person incharge) yang ditunjuk oleh perusahaan. Dampak
dari aktivitas CRM pada PT. BBG antara lain perpanjangan kontrak, penambahan kapasitas
volume gas, serta brand associate. Berdasarkan hal tersebut, dapat ditarik kesimpulan jika
aktivitas CRM diperlukan guna mengoptimalkan penjualan sehingga mendatangkan keuntungan
bagi perusahaan. Meskipun diperlukan biaya serta waktu untuk pendekatan, namun CRM sangat
memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengelolaan hubungan pelanggan, gas, kualitatif
Subjects: Komunikasi Pemasaran
Divisions: Publikasi Ilmiah > Seminar Nasional
Depositing User: fajria fatmasari
Date Deposited: 30 Apr 2023 09:05
Last Modified: 30 Apr 2023 09:05
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item