Batubara, Faisal Hasbullah Pengaruh Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Kredit pada PT BPR X. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. ISSN 2598-5795

[img] Text (FAISAL BATUBARA_PENGARUH PELAYANANDAN KEPUASAAN)
Pengaruh Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Kredit pada PT BPR X.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FAISAL BATUBARA_PEER REVIEW_SUGENG RAHARJO)
Peer Review - Sugeng Raharjo.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text
Peer Review - Agus Wahyudin - Pengaruh Pelayanan (BPR X).pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Turnitin Jurnal JMIL)
Turnitin Jurnal JMIL.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Bukti Korespondensi Jurnal (JMIL))
Bukti Korespondensi-JMIL Sinta 2.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara pelayanan yang diberikan dan tingkat kepuasan yang didapatkan terhadap loyalitas nasabah kredit pada PT. BPR X. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan menggunkan metode observasi lapangan, wawancara dan penyebaran kuisioner. Populasi adalah nasabah kredit PT. BPR X yang berjumlah 386 nasabah kredit, teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive diperoleh sampel sebesar 60 responden atau sebesar 15% dari populasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji korelasi, uji determinan, uji t parsial dan uji F berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan yaitu Y = 0,254 + 0,474 X1 + 0,445 X2 yang berarti tanpa adanya veriabel X1 (pelayanan) dan X2 (kepuasan) maka variable Y (kepuasan) tetap sebesar 0,254. Berdasarkan hasil uji korelasi nilai korelasi sebesar 0,533 yang berarti memiliki hubungan sedang sesuai dengan batas kriteria yang telah ditentukan pada interval korelasi (0,40 – 0,59 = kategori cukup kuat). Uji determinan menunjukkan nilai R square sebesar 0,284 yang berarti besarnya pengaruh variable pelayanan dan kepuasan terhadap variable loyalitas adalah 28,4 %, sisanya sebesar 71,6 % dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini yaitu tingkat persaingan, permintaan pasar, harga, promosi, dan sebagainya. Hasil uji t parsial diperoleh nilai t-hitung variabel pelayanan (2,169) > t-tabel (1,671) dengan nilai signifikansi sebesar 0,034 dibawah 0,05 maka hal tersebut menunjukan bahwa variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dan diperoleh nilai t-hitung variabel kepuasan nasabah (3,653) > t-tabel (1,671) dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 di bawah 0,05 maka hal tersebut menunjukan bahwa variabel kepuasan nasabah tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas. Hasil uji F menunjukkan bahwa pelayanan (X1) dan kepuasan nasabah (X2) berpengaruh positif dan sognifikan terhadap loyalitas Nasabah (Y), hal ini terbukti dengan perhitungan uji F diperoleh F hitung = 11,313 lebih besar dari F tabel 2,370. Tingkat signifikan yang diperoleh adalah (0,000) nilai ini dapat dikatakan mutlak signifikan karena bernilai 0,000 dan lebih kecil dari standar signifikan (5% atau 0,05)

Item Type: Article
Subjects: PAK Dosen
Service
Divisions: Publikasi Ilmiah > Jurnal Nasional
Depositing User: Faisal Hasbullah Batubara
Date Deposited: 02 May 2023 09:42
Last Modified: 17 May 2023 10:13
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item