Putri, Umi Dwi (2019) KEGIATAN CUSTOMER SERVICE PADA PT CARAKA YASA JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_COVER)
Umi Dwi Putri_160300911_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_LEMBAR PENGESAHAN)
Umi Dwi Putri_160300911_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_LEMBAR KEASLIAN)
Umi Dwi Putri_160300911_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_KATA PENGANTAR)
Umi Dwi Putri_160300911_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_ABSTRAK)
Umi Dwi Putri_160300911_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_DAFTAR ISI)
Umi Dwi Putri_160300911_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_BAB I)
Umi Dwi Putri_160300911_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_BAB II)
Umi Dwi Putri_160300911_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_BAB III)
Umi Dwi Putri_160300911_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_BAB IV)
Umi Dwi Putri_160300911_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_BAB V)
Umi Dwi Putri_160300911_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_DAFTAR PUSTAKA)
Umi Dwi Putri_160300911_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_LAMPIRAN)
Umi Dwi Putri_160300911_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Umi Dwi Putri_160300911_TUGAS AKHIR FULL)
Umi Dwi Putri_160300911_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Umi Dwi Putri, NIM: 160300911. KEGIATAN CUSTOMER SERVICE PADA PT CARAKA YASA JAKARTA. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik Negeri APP. Juli 2019.

Tugas akhir laporan kerja praktik ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan customer service pada PT Caraka Yasa Jakarta, kendala dan cara menanganinya. Penulis melakukan kerja praktik dan pengamatan langsung selama empat bulan dibagian customer service dengan kegiatan rutin yaitu menerima permintaan pick up order pelanggan melalui email, membalas permintaan pick up order, membuat nomor pick up order, berkoordinasi dengan divisi operational, monitoring barang diwilayah Sumatera, melaporkan hasil monitoring dan berkoordinasi dengan divisi operational wilayah Sumatera, adapun kegiatan tambahan yang dilakukan adalah memfollow up pelanggan melalui email atau telephone dan menerima keluhan pelanggan melalui email dan telephone. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, selain itu terdapat kendala secara umum yang dihadapi selama melakukan kerja praktik dibidang customer service pada PT Caraka Yasa Jakarta yaitu seperti terjadinya full armada atau muatan mobil penuh saat melakukan pick up barang, sedangkan kendala berdasarkan job description seperti pelanggan mengirim permintaan pick up order diluar jam kerja, divisi operational cabang tidak membalas email, data monitoring wilayah Sumatera yang dikirim oleh IT (Information and Technology) tidak update, kurangnya respon divisi operational wilayah Sumatera dan keterbatasan fasilitas telephone. Berdasarkan kendala secara umum tersebut, terdapat solusi untuk menanganinya seperti memfollow up divisi operational dan menjadwalkan pick up order keesok harinya, sedangkan solusi untuk menangani kendala secara job description seperti memberikan informasi kepada pelanggan apabila ingin melakukan pick up order di PT Caraka Yasa Jakarta dan menjadwalkan ulang pick up keesok harinya, menghubungi divisi operational melalui whatsApp atau telephone, mengecek nomor CN (Consigment Note) satu-persatu dan menambah jumlah fasilitas telephone.

Kata kunci: Customer Service, Pick Up Order, Email, Monitoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Service
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Marini Badzlina
Date Deposited: 25 Feb 2020 15:36
Last Modified: 18 Mar 2020 02:56
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/72

Actions (login required)

View Item View Item