Wahdah, Refina Milati (2019) ANALISIS WASTE UNTUK MEMPERBAIKI AKTIVITAS PENERIMAAN DAN PENGIRIMAN PADA UNIT PELAKSANA OPERASIONAL KANTOR POS DEPOK 16400. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_COVER)
Refina Milati Wahdah_160100766_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_LEMBAR PENGESAHAN)
Refina Milati Wahdah_160100766_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (108kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_LEMBAR KEASLIAN)
Refina Milati Wahdah_160100766_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_PRAKATA)
Refina Milati Wahdah_160100766_PRAKATA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_ABSTRAK)
Refina Milati Wahdah_160100766_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_DAFTAR ISI)
Refina Milati Wahdah_160100766_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (44kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_BAB I)
Refina Milati Wahdah_160100766_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_BAB II)
Refina Milati Wahdah_160100766_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_BAB III)
Refina Milati Wahdah_160100766_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (157kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_BAB IV)
Refina Milati Wahdah_160100766_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (869kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_BAB V)
Refina Milati Wahdah_160100766_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_DAFTAR PUSTAKA)
Refina Milati Wahdah_160100766_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_LAMPIRAN)
Refina Milati Wahdah_160100766_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (Refina Milati Wahdah_160100766_TUGAS AKHIR FULL)
Refina Milati Wahdah_160100766_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Refina Milati Wahdah, NIM: 160100766. Analisis Waste untuk Memperbaiki Aktivitas Penerimaan dan Pengiriman pada Unit Pelaksana Operasional Kantor Pos Depok 16400. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2019
Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis waste yang terdapat pada aktivitas penerimaan dan pengiriman barang serta menyusun usulan perbaikan untuk meminimasi waste yang terdapat pada aktivitas tersebut. Observasi dan pengambilan data dilakukan di Unit Pelaksana Operasional Kantor Pos Depok 16400 pada bagian Antaran serta Proses dan Transportasi. Berkaitan dengan logistik, PT Pos Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis kurir. Gudang pada perusahaan bersifat cross docking yang berfungsi sebagai tempat konsolidasi kiriman yang memiliki wilayah kiriman yang sama. Data yang diambil berupa perhitungan waktu yang dipetakan menggunakan pendekatan lean dengan metode Big Picture Mapping serta Process Activity Mapping. Hasil dari pemetaan serta observasi dianalisa dengan metode seven waste dan digunakan sebagai bahan kuisioner. Hasil dari kuisioner dinalasisis untuk mendapatkan waste kritis kemudian dianalisa penyebabnya menggunakan metode 5 whys. Berdasarkan hasil analisis, diketahui salah satu waste kritis adalah kiriman menunggu disortir dengan bobot sebesar 17,3. Faktor penyebab waste tersebut adalah karena menunggu keranjang yang telah terisi penuh oleh kiriman yang sudah diproses sebelumnya. Usulan perbaikan untuk meminimasi waste tersebut dengan membuat 5 keranjang di area kerja petugas Antaran yaitu keranjang untuk wilayah antar Sawangan, Timur, Barat, Cimanggis dan keranjang dokumen. Usulan ini dapat menurunkan waktu total selama 3582 detik.
Kata Kunci: Gudang, bisnis kurir, lean warehousing, 5 why.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Transportasi dan Distribusi |
Divisions: | D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika |
Depositing User: | Marini Badzlina |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 02:39 |
Last Modified: | 14 Mar 2020 10:15 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/113 |
Actions (login required)
View Item |