Ardian, Dhani (2020) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGIRIMAN PAKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS PADA PT DHL EXPRESS INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_COVER)
Dhani Ardian_160101043_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_LEMBAR KEASLIAN AKHIR)
Dhani Ardian_160101043_LEMBAR KEASLIAN AKHIR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_ABSTRAK)
Dhani Ardian_160101043_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_PRAKATA)
Dhani Ardian_160101043_PRAKATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_DAFTAR ISI)
Dhani Ardian_160101043_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_BAB I PENDAHULUAN)
Dhani Ardian_160101043_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_BAB II STUDI PUSTAKA)
Dhani Ardian_160101043_BAB II STUDI PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_BAB III KERANGKA KERJA PRAKTIK)
Dhani Ardian_160101043_BAB III KERANGKA KERJA PRAKTIK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_BAB IV PEMBAHASAN)
Dhani Ardian_160101043_BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_BAB V KESIMPULAN)
Dhani Ardian_160101043_BAB V KESIMPULAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_DAFTAR PUSTAKA)
Dhani Ardian_160101043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_LAMPIRAN)
Dhani Ardian_160101043_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DHANI ARDIAN_160101043_TUGAS AKHIR FULL)
Dhani Ardian_160101043_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dhani Ardian, NIM: 160101043. ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENGIRIMAN PAKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS PADA PT DHL EXPRESS INDONESIA. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP, September 2020.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis penyebab keterlambatan pengiriman paket pada PT DHL Express Indonesia. Aktivitas tersebut dianalisis untuk mengetahui permasalahan yang terjadi sehingga penyebab dan solusi dapat diidentifikasi. Masalah yang terjadi yaitu keterlambatan pengiriman paket yang disebabkan karena tidak adanya pedoman yang dapat dijadikan acuan kerja pada SOP divisi kurir. Metode yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah metode kualitatif berupa analisis proses kerja. Metode tersebut berupa identifikasi akar penyebab masalah menggunakan diagram sebab akibat (fishbone) dan metode 5W + 1H untuk memberikan usulan perbaikan. Penentuan akar penyebab masalah dilakukan dengan cara mengamati proses kerja secara langsung dan juga wawancara pada kurir. Hasil yang diperoleh dari identifikasi akar penyebab masalah menggunakan diagram sebab akibat menunjukan bahwa faktor tenaga kerja, metode, inspeksi dan lingkungan menjadi akar penyebab masalah yang terjadi. Hasil tersebut diperoleh dari wawancara dengan divisi kurir dan divisi HIC. Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) pengiriman dan penjemputan paket menjadi usulan perbaikan pada Tugas Akhir ini yang diusulkan menggunakan metode 5W + 1H. Diharapkan Tugas Akhir ini dapat menjadi solusi dalam permasalahan yang terjadi pada PT. DHL Express Indonesia.

Kata kunci: Standard Operating Procedure (SOP), Diagram sebab akibat, Metode 5W + 1H

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standard Operating Procedure (SOP), Diagram sebab akibat, Metode 5W + 1H
Subjects: Manajemen Transportasi dan Distribusi
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Dhani Ardian
Date Deposited: 15 Nov 2020 18:01
Last Modified: 15 Nov 2020 18:01
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1176

Actions (login required)

View Item View Item