BARIQOH, GIATI AFLAH (2021) LAPORAN MAGANG KEGIATAN LAYANAN PURNA JUAL BAGIAN SERVICE ADVISOR PADA TOYOTA AUTO2000 CIKUPA TANGERANG. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_COVER)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (20kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_LEMBAR KEASLIAN)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_ABSTRAK)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_KATA PENGANTAR)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_DAFTAR ISI)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB I)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB II)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB III)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB IV)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (978kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB V)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_DAFTAR PUSTAKA)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_LAMPIRAN)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_TUGAS AKHIR FULL)
GIATI AFLAH BARIQOH_180302261_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Giati Aflah Bariqoh. NIM : 180302261. LAPORAN MAGANG KEGIATAN LAYANAN PURNA JUAL BAGIAN SERVICE ADVISOR PADA TOYOTA AUTO2000 CIKUPA, TANGERANG. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP. Juli 2021..
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan layanan purna jual yang dilakukan bagian Service Advisor pada Toyota Auto2000 Cikupa Tangerang dan apa saja permasalahan yang terjadi pada kegiatan layanan purna jual yang dilakukan oleh Service Advisor pada Toyota Auto2000 Cikupa Tangerang. Tugas akhir ini menggunakan analisis problem solving melalui pengamatan yang terjadi selama kerja praktik di Toyota Auto2000 Cikupa Tangerang tepatnya tentang Kegiatan Layanan Purna Jual bagian Service Advisor. Tujuan dari kegiatan Layanan Purna Jual ini salah satunya untuk menciptakan pelanggan yang setia pada Toyota Auto2000 Cikupa Tangerang. Maka dari itu, Hal yang perlu diketahui dan dipahami bahwa Service Advisor melaksanakan Layanan Purna Jual mulai dari pelanggan datang untuk menyampaikan keluhan dan permasalahan tentang mobilnya, kemudian Service Advisor harus mampu mendengarkan secara tepat dan mencatat keluhan pelanggan. Setelah itu Service Advisor harus mampu membuat Surat Perintah Kerja Bengkel yang nantinya dikoordinasi dan dikomunikasi kepada bagian Mekanik Bengkel untuk dilakukan perawatan dan perbaikan mobil pelanggan sesuai dengan keluhan dan masalah yang sudah tercatat pada Surat Perintah Kerja Bengkel. Apabila mekanik bengkel telah selesai melakukan perawatan dan perbaikan mobil pelanggan, Service Advisor mengonfirmasi pekerjaan yang telah dilakukan dan memberikan tagihan atas jasa yang telah dilakukan. Setelah pelanggan membayar tagihan pada bagian Kasir, seorang Service Advisor wajib mengantarkan pelanggan menuju mobilnya sampai pelanggan meninggalkan outlet Toyota Auto2000 Cikupa Tangerang. Namun dalam hal ini pelaksanaan Standar Operasional Prosedur tidak selalu berjalan sempurna. Terdapat permasalahan yang terjadi seperti Service Advisor tidak mengantarkan pelanggan menuju mobilnya, selain itu durasi waktu pengerjaan perawatan dan perbaikan yang sering tidak sesuai dengan kesepakatan dan perjanjian awal, kemudian juga persediaan sparepart yang dibutuhkan pelanggan beberapa kali terjadi kehabisan stock. Saran dan solusi pada permasalahan tersebut adalah perlu adanya evaluasi berkala setiap bulannya kepada seluruh kinerja Service Advisor. Servisor Advisor harus diberikan pelatihan berkala setiap 3 atau 6 Bulan Sekali mengenai pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Perusahaan terkait Layanan Purna Jual di Toyota Auto2000 Cikupa Tangerang. Selain itu, Service Advisor perlu meningkatkan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan mekanik bengkel agar info mengenai sparepart selalu tersedia dan penentuan lamanya waktu perawatan dan perbaikan mobil sesuai dengan kesepakatan
Kata Kunci : Pelayanan, Layanan Purna Jual, Service Advisor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Layanan Purna Jual, Service Advisor. |
Subjects: | Service |
Divisions: | D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika |
Depositing User: | GIATI AFLAH BARIQOH |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 14:38 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 14:38 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1376 |
Actions (login required)
View Item |