Rifal, Muhamad (2021) ANALISIS PROSES PENGIRIMAN BARANG DI KAY EXPRESS INDONESIA DENGAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Muhamad Rifal_180101930_COVER)
Muhamad Rifal_180101930_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_LEMBAR KEASLIAN)
Muhamad Rifal_180101930_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_ABSTRAK)
Muhamad Rifal_180101930_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_PRAKATA)
Muhamad Rifal_180101930_PRAKATA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN)
Muhamad Rifal_180101930_DAFTAR ISI - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_BAB I)
Muhamad Rifal_180101930_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_BAB II)
Muhamad Rifal_180101930_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_BAB III)
Muhamad Rifal_180101930_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_BAB IV)
Muhamad Rifal_180101930_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_BAB V)
Muhamad Rifal_180101930_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (10kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_DAFTAR PUSTAKA)
Muhamad Rifal_180101930_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_LAMPIRAN)
Muhamad Rifal_180101930_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Muhamad Rifal_180101930_FULL TUGAS AKHIR)
Muhamad Rifal_180101930_FULL TUGAS AKHIR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Muhamad Rifal. NIM: 180101930. Analisis Proses Pengiriman Barang di Kay Express Indonesia dengan Metode Root Cause Analysis. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juni 2021
Ketepatan waktu menjadi salah satu performa pelayanan yang harus dimiliki oleh perusahaan jasa pengiriman untuk dapat memberikan pelayanan terbaik bagi setiap konsumennya. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis proses pengiriman barang dan penyebab keterlambatan yang terjadi di dalamnya, serta menyusun usulan perbaikan untuk meminimalisir keterlambatan pengiriman. Observasi dan pengambilan data dilakukan di PT Kay Ocean Indonesia pada bagian Operasional Kay Express Indonesia. Kay Express Indonesia merupakan bisnis jasa kurir yang melayani permintaan jasa pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia. Data yang berhubungan dengan permasalahan dikumpulkan melalui tahapan wawancara dan observasi. Identifikasi dan analisis penyebab keterlambatan pengiriman menggunakan metode root cause analysis (RCA) dengan alat bantu berupa analisis 5 why’s untuk menidentifikasi akar permasalahan dan cause and effect diagram untuk menggambarkan penyebab yang berhubungan dengan permasalahan. Hasil identifikasi menunjukkan persentase keterlambatan pengiriman yang terjadi selama periode November 2020 sampai dengan April 2021 adalah sebasar 47,14%. Analisis masalah menghasilkan 3 kategori utama penyebab keterlambatan yaitu man, management, dan process. Salah satu faktor penyebab yang paling berpengaruh adalah SOP yang belum tersosialisasikan dengan baik karena terhambat masalah perbaikan dan validasi. Usulan perbaikan untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan pengiriman tersebut adalah dengan menyegeraan proses validasi dan perbaikan SOP, menambah jumlah kurir mitra, meningkatkan pengawalan dan pengawasan terhadap kinerja SDM, serta meningkatkan responsibilitas atas setiap kendala yang berhubungan dengan vendor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengiriman, Keterlambatan, Root Cause Analysis (RCA) |
Subjects: | Service Manajemen Transportasi dan Distribusi |
Divisions: | D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika |
Depositing User: | Muhamad Rifal |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 13:48 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 13:48 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1615 |
Actions (login required)
View Item |