Ramadhana, Jauharus Izza (2021) Penyebab Keterlambatan Pengiriman Part Pada Pelanggan Perusahaan Jasa Logistik Dengan Metode Root Cause Analysis (RCA). Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_COVER)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (397kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_LEMBAR KEASLIAN)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Lembar Keaslian.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_ABSTRAK)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Abstrak.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (493kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_PRAKATA)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Prakata.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_DAFTAR ISI - LAMPIRAN)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Daftar Isi - Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB I)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB II)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (624kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB III.pdf)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB IV.pdf)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (909kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB V.pdf)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (394kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_DAFTAR PUSTAKA.pdf)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_LAMPIRAN.pdf)
Jauharus Izza Ramadhana_180101862_Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (Jauharus Izza Ramadhana_180101862_FULL TA.pdf)
JAUHARUS IZZA RAMADHANA_180101862_TA FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Jauharus Izza Ramadhana. 180101862. “Penyebab Keterlambatan Pengiriman Part Pada Pelanggan Perusahaan Jasa Logistik Dengan Metode Root Cause Analysis (RCA)”. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta, Juli 2021.
Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis penyebab terjadinya keterlambatan pengiriman part pada salah satu pelanggan perusahaan jasa logistik, yaitu perusahaan manufaktur yang bergerak pada bidang otomotif dimana target yang diberikan oleh pelanggan belum pernah tercapai sebesar 98%. Selain itu, tugas akhir ini memberikan usulan perbaikan agar permasalahan yang terjadi pada perusahaan tidak terulang kembali. Data yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumen yang terdapat pada perusahaan, yaitu data keterlambatan pengiriman part pada salah satu pelanggan perusahaan (perusahaan otomotif) dari bulan Januari sampai dengan bulan Mei 2021. Analisis yang dilakukan menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA), yaitu dengan tools 5 why’s dan fishbone diagram. Berdasarkan hasil analisis menggunakan fishbone diagram, diketahui penyebab terjadinya keterlambatan pengiriman part ke pelanggan perusahaan karena adanya kerusakan truk pada saat pre-delivery yang menyebabkan keberangkatan menjadi tidak sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya pemeriksaan pasca-delivery, selain itu driver tidak memiliki daftar yang harus dicek pada saat pemeriksaan sehingga menyebabkan pemeriksaan truk dilakukan secara tidak menyeluruh. Driver hanya melakukan pengecekan jika merasa ada bagian yang mengalami kerusakan. Usulan perbaikan pada tugas akhir ini menggunakan metode 5W+1H, yaitu perbaikan prosedur pengecekan truk pre-delivery menggunakan form pengecekan truk dan perbaikan prosedur pengecekan truk pasca-delivery untuk mengurangi resiko adanya kerusakan pada saat pre-delivery yang mengakibatkan adanya waktu tunggu perbaikan sehingga keberangkatan truk menjadi tertunda dari waktu yang sudah ditetapkan. Selain itu, diusulkan juga pembuatan form pengecekan truk sebagai panduan driver untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pengecekan truk secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fishbone Diagram, 5 Why’s, Root Cause Anaysis (RCA), Metode 5W+1H, Standard Operating Procedure (SOP) |
Subjects: | Manajemen Transportasi dan Distribusi |
Divisions: | D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika |
Depositing User: | Jauharus Izza Ramadhana |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 06:38 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 06:38 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |