Dwi Mustika, Yulia Dian (2021) Analisis Penyebab Terjadinya Keterlambatan Pengiriman Barang Pada PT Baba Bangunan Jaya. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_COVER)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (58kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_ABSTRAK)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_PRAKATA)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_PRAKATA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB I)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB II)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB III)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB IV)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB V)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_DAFTAR PUSTAKA)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (46kB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_LAMPIRAN)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_TUGAS AKHIR FULL)
Yulia Dian Dwi Mustika_180102351_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Yulia Dian Dwi Mustika. NIM: 180102351. Analisis Penyebab Terjadinya Keterlambatan Pengiriman Barang Pada PT Baba Bangunan Jaya. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2021.
Persaingan antar perusahaan saat ini semakin kompetitif dan ketat, sehingga harus berusaha untuk memberikan kualitas pelayanan sebaik mungkin kepada konsumen akhir. Salah satu kualitas pelayanan yang dapat diberikan adalah ketepatan waktu pengiriman. PT Baba Bangunan Jaya sering mengalami permasalahan yang menyebabkan pengiriman kepada konsumen akhir menjadi terlambat. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apa yang menjadi penyebab dari permasalahan dan memberikan usulan perbaikan untuk mengatasi agar tidak terjadi
keterlambatan pengiriman. Data yang digunakan dalam pembahasan tugas akhir ini berupa data keterlambatan dan pengiriman barang ke seluruh konsumen akhir dari periode November 2020 sampai dengan Mei 2021. Keterlambatan pengiriman barang dianalisis menggunakan metode diagram fishbone untuk mencari akar penyebab dari permasalahan. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, terdapat empat faktor yang menyebabkan terjadinya keterlambatan pengiriman yaitu faktor man dimana kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan driver tidak disiplin, faktor machine dimana kurangnya armada kendaraan, faktor method dimana tidak adanya prosedur penjualan dan pengiriman, sales tidak komitmen, dan pengaturan rute pengiriman yang tidak jelas, dan yang terakhir faktor environment dimana terjadinya ban bocor. Usulan perbaikan yang didahulukan dan diutamakan daripada yang lain kepada perusahaan untuk mengatasi permasalahan keterlambatan
pengiriman dengan menggunakan metode 5W + 1H adalah pembuatan perancangan Standard Operating Procedure (SOP) penjualan dan pengiriman barang serta menentukan rentang waktu kapan barang dikirim kepada konsumen. Perusahaan diharapkan dapat menerapkan usulan perbaikan tersebut agar dapat mengatasi
keterlambatan pengiriman, sehingga konsumen akhir puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengiriman, Keterlambatan, Diagram Fishbone, 5W+1H |
Subjects: | Manajemen Transportasi dan Distribusi |
Divisions: | D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika |
Depositing User: | Romaida Ito Yanda Siringoringo |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 04:38 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 04:38 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1652 |
Actions (login required)
View Item |