., Haniifah (2021) ANALISIS PENYEBAB KESALAHAN TUJUAN PENGIRIMAN PADA PT BINTANG EXPRESS JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA). Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Haniifah_180101935_Cover)
HANIIFAH_180101935_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Lembar keaslian)
HANIIFAH_180101935_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Abstrak)
HANIIFAH_180101935_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Prakata)
HANIIFAH_180101935_PRAKATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Daftar Isi)
HANIIFAH_180101935_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Bab I)
HANIIFAH_180101935_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Bab II)
HANIIFAH_180101935_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Bab III)
HANIIFAH_180101935_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Bab IV)
HANIIFAH_180101935_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Bab V)
HANIIFAH_180101935_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Daftar Pustaka)
HANIIFAH_180101935_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Lampiran)
HANIIFAH_180101935_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Haniifah_180101935_Tugas akhir full)
180101935_HANIIFAH.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Haniifah, NIM : 180101935. ANALISIS PENYEBAB KESALAHAN TUJUAN PENGIRIMAN PADA PT BINTANG EXPRESS JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS (RCA) DAN FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS (FMEA). Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. 20 Agustus 2021.

Ketepatan pengiriman barang merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar dapat meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis penyebab terjadinya kesalahan tujuan pengiriman yang terdapat pada aktivitas pengiriman di PT Bintang Express dan memberikan usulan perbaikan terkait permasalahan tersebut. Kerja Praktik dilakukan di PT Bintang Express Jakarta yang berlokasi di Jl. Stasiun Senen No.18A, Kel. Bungur, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi. Tugas Akhir ini menggunakan metode Root Cause Analysis (RCA) untuk menentukan akar penyebab kesalahan tujuan pengiriman dan metode Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) untuk pembobotan akar penyebab kesalahan tujuan pengiriman sehingga dapat memberikan usulan yang sesuai dengan permasalahan. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan akar penyebab permasalahan menggunakan tools fishbone diagram. Seluruh akar penyebab permasalahan tersebut kemudian diberikan bobot atau nilai dan dilakukan perhitungan RPN. Nilai tersebut berasal dari responden yang kompeten di bidang pengiriman PT Bintang Express. Berdasarkan hasil perhitungan RPN diketahui tiga akar penyebab permasalahan dengan nilai RPN tertinggi yaitu 16,35% disebabkan oleh faktor man atau manusia yaitu operator salah memasukan barang ke truk, 15,67% disebabkan oleh faktor material yaitu tidak adanya tanda warna pengiriman pada barang dan 14,99% disebabkan oleh faktor method karena belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterapkan. Usulan perbaikan yang diberikan dengan menggunakan metode 5W+1H diantaranya yaitu dengan menyarankan untuk membuat checklist dokumen, mengubah urutan proses penerimaan barang dan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai bahan pertimbangan untuk perusahaan agar dapat meminimalisir permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengiriman, Root Cause Analysis (RCA), Failure Mode and Effects Analysis (FMEA)
Subjects: Manajemen Transportasi dan Distribusi
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: haniifah
Date Deposited: 13 Sep 2021 08:21
Last Modified: 13 Sep 2021 08:21
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item