Astuti, Juli and Fatma, Erika (2018) EVALUASI PEMILIHAN PENYEDIA JASA KURIR BERDASARKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 1 (1). pp. 14-26. ISSN 2622-528X
Text
Erika Fatma-2.pdf - Published Version Download (464kB) |
Abstract
Aktivitas logistik memegang peranan penting dalam proses bisnis dimana terdapat proses distribusi untuk menyalurkan produk dari produsen/penjual kepada konsumen. Saat ini bermunculan semakin banyak perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan pelayanan jasa logistik, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Kondisi ini membuat pengguna jasa lebih leluasa dalam menentukan pilihan, perusahaan kurir mana yang dipercaya untuk mengambil alih sebagian fungsi bisnisnya.Untuk membantu pengambilan keputusan dalam pemilihan penyedia jasa kurir, penulis melakukan penelitian mengenai kriteria yang digunakan pengguna jasa dalam menentukan penyedia jasa terbaik. Penelitian dilakukan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), metode AHP dipilih karena metode ini dapat membuat sebuah kerangka pengambilan keputusan dengan efektif atas persoalan yang kompleks. Permasalahan yang terdiri atas beberapa pertimbangan, kemudian disederhanakan ke dalam beberapa kriteria yang kemudian disusunan dalam suatu hirarki.Setelah disusun dalam hierarki dapatditentukan criteria terpenting yang menjadi pertimbangan utama pengguna jasa. Penelitian ini dibatasi pada perusahaan penyedia jasa logistik yang bergerak pada jasa pengiriman ekspres (kurir). Reponden dibatasi
pada pengguna yang menggunakan jasa pengantaran barang (kurir) untuk keperluan penjualan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria utama yang diprioritaskan sebagai pertimbangan
bagi pengguna jasa dalam pemilihan penyedia jasa logistik. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap para penjual online, diketahui bahwa kriteria yang menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan jasa kurir adalah Reliability, yaitu keandalan suatu perusahaan jasa kurir dalam melayani kebutuhan dan keinginan pelanggannya diikuti dengan cost (biaya pengiriman) dan Convinience (kenyamanan).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyedia jasa Kurir, Analytical Hierarchy Process |
Subjects: | Manajemen Pengadaan/Pembelian |
Divisions: | Publikasi Ilmiah > Jurnal Nasional |
Depositing User: | Muhammad Al Akbar Era |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 01:52 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 01:52 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |