Andrian, Deni (2022) LAPORAN MAGANG PELAYANAN KONSULTASI MELALUI PERCAKAPAN WHATSAPP RESMI DI UNIT PELAYANAN PUBLIK KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (DeniAndrian_190302783_COVER)
Deni Andrian_190302783_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_HALAMAN PENGESAHAN)
Deni Andrian_190302783_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR)
Deni Andrian_190302783_LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_ABSTRAK)
Deni Andrian_190302783_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_KATA PENGANTAR)
Deni Andrian_190302783_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_DAFTAR ISI)
Deni Andrian_190302783_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_BAB I)
Deni Andrian_190302783_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_BAB II)
Deni Andrian_190302783_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_BAB III)
Deni Andrian_190302783_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_BAB IV)
Deni Andrian_190302783_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_BAB V)
Deni Andrian_190302783_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_DAFTAR PUSTAKA)
Deni Andrian_190302783_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_LAMPIRAN)
Deni Andrian_190302783_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DeniAndrian_190302783_TUGAS AKHIR FULL)
Deni Andrian_190302783_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Deni Andrian. NIM 190302783. LAPORAN MAGANG PELAYANAN KONSULTASI MELALUI PERCAKAPAN WHATSAPP RESMI DI UNIT PELAYANAN PUBLIK KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN REPUBLIK INDONESIA. Tugas akhir, Jakarta : Politeknik APP Jakarta, Mei 2022.
Unit Pelayanan Publik Kementerian Perindustrian merupakan unit kerja non struktural yang melakukan kegiatan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Kementerian Perindustrian. Memberikan pelayanan kepada masyarakat atau badan hukum atas permintaan informasi konsultasi. Di era pelayanan informasi, transparansi dan akuntabilitas dalam pelayanan publik menjadi suatu keharusan, setelah diberlakukannya Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perbaikan dan Peningkatan Aparatur Pemerintahan masyarakat. Dengan pertimbangan tersebut maka Kementerian Perindustrian membentuk Unit Pelayanan Publik melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 55/M-IND/PER/6/2011. Tugas akhir ini disusun dalam metode observasi harian dengan dokumentasi yang didapatkan selama melakukan kerja praktik selama 3 bulan (Januari – April 2022). Laporan magang ini difokuskan pada kegiatan yang dilakukan pada bagian Layanan Konsultasi melalui WhatsApp di Unit Pelayanan Publik, Pelayanan konsultasi melalui obrolan dimulai pukul 09.00 s.d 15.00 WIB (Senin-Kamis) dan pukul 09.00 s.d 15.30 WIB (Jumat), Petugas menginput layanan konsultasi dalam satu hari kerja, membuat Klasifikasi data Pelayanan Konsultasi. Adapun tugas tambahan yang dilakukan di antaranya KSWP atau Konfirmasi Status Wajib Pajak, merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah sebelum memberikan layanan publik tertentu untuk mendapatkan status wajib pajak, nama wajib pajak dan NPWP sesuai dengan data yang ada dalam Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak aktivitas terkait KSWP adalah penginputan data ke dalam sistem. Penulis menyusun Juknis (Petunjuk Teknis) terkait dengan pengajuan baru mengenai rekomendasi pertimbangan teknis yang berada pada Direktorat ILMATE. Dalam pembuatan juknis penulis membuat alur pendaftaran pengajuan baru dari langkah pertama login website SIINas, hingga pengiriman Permohonan. Permintaan konsultasi yang tidak terlayani akan secara otomatis tereduksi oleh sistem. Dalam setiap bulan terdapat kurang lebih 50 pesan permintaan konsultasi yang tidak terlayani oleh penulis. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, penulis memberikan suatu solusi yaitu, menambahkan petugas pada layanan konsultasi via WhatsApp, sehingga dapat membalas pesan masuk dengan maksimal dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian RI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Konsultasi, Unit Pelayanan Publik |
Subjects: | Service |
Divisions: | D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika |
Depositing User: | Deni Andrian |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 07:43 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 07:43 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2399 |
Actions (login required)
View Item |