Tresnadiarto, Alief Rizky (2022) PENGARUH ADVERTISING TERHADAP MINAT BELI KREDIT PEMILIKAN RUMAH PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK DI KOTA JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Cover)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Lembar Pengesahan)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Lembar Keaslian)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Lembar Keaslian.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Abstrak)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Kata Pengantar)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Daftar Isi)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB I)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB II)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB III)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB IV)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB V)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Daftar Pustaka)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Lampiran)
Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Alief Rizky Tresnadiarto_190302812_Tugas Akhir)
Alief rizky Tresnadiarto_190302812_Tugas Akhir Full.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Alief Rizky Tresnadiarto. NIM: 190302812. PENGARUH ADVERTISING TERHADAP MINAT BELI KREDIT PEMILIKAN RUMAH PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK DI KOTA JAKARTA. Tugas Akhir,
Jakarta: Politeknik APP . Juli 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising serta seberapa besar pengaruhnya terhadap minat beli produk KPR PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. di kota Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Kota Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 150 responden yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Uji Instrumen yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif penelitian dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa advertising masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,48. Untuk variabel minat beli masuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,45. Berdasarkan hasil regresi didapatkan persamaan Y = 5,362 + 1,066X Koefisien regresi X senilai 1,066 menyatakan bahwasanya setiap peningkatan 1% untuk nilai advertising, maka nilai minat meningkat sebesar 1,066. Koefisien regresi tersebut menunjukan nilai yang positif, sehingga dapat diartikan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif yang artinya apabila advertising memiliki pengaruh positif maka minat beli konsumen pada kredit kepemilikan rumah bank tabungan negara akan meningkat. Dalam penelitian ini didapatkan juga koefisien korelasi antara advertising dengan minat beli yaitu sebesar 82,4%, Serta didapatkan besarnya pengaruh advertising dalam mempengaruhi minat beli memiliki nilai sebesar 67,6%. Hasil rata-rata dari variabel advertising menunjukan nilai yang berkategori baik dengan indikator tertinggi dalam variabel advertising berada pada indikator “Informasi yang disampaikan dalam berbagai media mudah dimengerti” dengan nilai 3,61. untuk indikator terendah dalam variabel advertising berada pada indikator “Design media yang digunakan menarik” dengan nilai 3,32. Berdasarkan hal tersebut maka Bank BTN perlu memperbaiki desain dari advertising yang mereka buat, seperti memilih warna yang menarik, atau memberikan desain yang sesuai dengan informasi yang diberikan agar masyarakat dapat tertarik dengan advertising yang diberikan Bank BTN. Hasil rata-rata dari variabel minat beli menunjukan nilai yang berkategorikan baik dengan indikator tertinggi dalam variabel minat beli berada pada indikator “minat transaksional” dengan nilai 4,01. Untuk indikator terendah dalam variabel minat beli berada dalam indikator “minat preferensial” dengan nilai 2,70. Berdasarkan hal tersebut Bank BTN perlu memberikan informasi serta promosi yang menarik dan jelas agar masyarakat tertarik dan menjadikan Bank BTN sebagai preferensi utama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai hasil advertising yang dilaksanakan oleh Bank BTN terhadap minat beli produk KPRnya, juga sebagai bahan bacaan untuk menambah kepustakaan dan ilmu mengenai advertising dan minat beli untuk dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Advertising, Minat beli, Kredit Pemilikan Rumah
Subjects: Periklanan
Perilaku Konsumen
Komunikasi Pemasaran
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Alief Rizky Tresnadiarto
Date Deposited: 13 Sep 2022 10:59
Last Modified: 13 Sep 2022 10:59
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item