Laksana, Wibowo Noer (2022) ANALISIS KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG PADA PT JASA TITIPAN EKPRES. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (WIBOWO NOER L_190102465_COVER)
WIBOWO NOER L_190102465_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_LEMBAR PENGESAHAN)
WIBOWO NOER L_190102465_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR)
WIBOWO NOER L_190102465_LEMBAR KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_ABSTRAK)
WIBOWO NOER L_190102465_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_PRAKATA)
WIBOWO NOER L_190102465_PRAKATA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_DAFTAR ISI)
WIBOWO NOER L_190102465_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_BAB I)
WIBOWO NOER L_190102465_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_BAB II)
WIBOWO NOER L_190102465_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_BAB III)
WIBOWO NOER L_190102465_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_BAB IV)
WIBOWO NOER L_190102465_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_BAB V)
WIBOWO NOER L_190102465_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_DAFTAR PUSTAKA)
WIBOWO NOER L_190102465_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_LAMPIRAN)
WIBOWO NOER L_190102465_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (WIBOWO NOER L_190102465_TUGAS AKHIR FULL)
WIBOWO NOER L_190102465_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Wibowo Noer Laksana. NIM: 190102465. Analisis Keterlambatan Pengiriman Barang Pada PT Jasa Titipan Ekpres. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Agustus 2022.
Ketepatan waktu pengiriman menjadi salah satu performa pelayanan yang harus dimiliki oleh perusahaan jasa pengiriman untuk dapat memberikan pelayan terbaik bagi setiap pelanggannya. Selama melakukan kerja praktik di PT Jasa Titipan Ekpres, ditemukan permasalahan yang sering terjadi yaitu keterlambatan proses pengiriman barang. Dalam proses pengiriman barang perusahaan belum dapat memberikan pelayanan secara maksimal, pada data bulan Februari 2022 sampai Mei 2022 pengiriman barang yang dilakukan perusahaan mengalami keterlambatan dengan rata-rata 12,62 %. Hal tersebut tidak sesuai dengan target yang ditentukan yaitu 5 %. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen yang menurun akibat terlambatnya barang sampai ke tujuan. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor penyebab serta upaya untuk meminimalisir terjadinya keterlambatan proses pengiriman barang. Metode yang digunakan untuk melakukan identifikasi faktor penyebab permasalahan yaitu menggunakan alat identifikasi Root Cause Analysis dengan metode fishbone diagram yang menganalisis 4 faktor yaitu man (manusia), method (metode), machine (mesin), dan environment (lingkungan). Dari hasil analisis faktor-faktor penyebab masalah yang terjadi didapatkan akar permasalahan yang paling potensial adalah dari faktor penyebab manusia, mesin, dan juga metode. Usulan perbaikan yang didapatkan dengan menggunakan metode analisis 5W+1H untuk permasalahan tersebut yaitu membuat penjadwalan untuk driver cadangan, membuat jadwal perawatan armada secara berkala, menambah jumlah armada dengan cara outsourcing atau penyewaan kendaraan, pembuatan standar operasional prosedur aktivitas pengiriman, melakukan studi banding dengan perusahaan sejenis yang sudah berpengalaman, dan membuat catatan pengingat tenggat waktu pembayaran tagihan terhadap vendor pengiriman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengiriman, Keterlambatan, Root Cause Analysis (RCA) |
Subjects: | Service Forwarding Manajemen Transportasi dan Distribusi |
Divisions: | D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika |
Depositing User: | Wibowo Noer Laksana |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 04:21 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 04:21 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
View Item |