Batubara, Faisal Hasbullah Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Penjualan pada Industri Kecil Menengah Produk Logam Citeureup Kabupaten Bogor. Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan, 16 (1). pp. 671-684. ISSN 1411-142X (Submitted)

[img] Text (Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan Vol 16 No.1 - Hal 671 - 684)
Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan Vol 16 No.1 - Hal 671 - 684.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap penjualan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan pada industri kecil dan menengah produk logam Citeurep Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi pustaka dan kuesioner dengan jumlah sampel 30 responden Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, analisis regresi berganda yang terdiri dari uji T dan koefisien determinasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 13.0 For Windows.

Berdasarkan hasil penelitian didapat persamaan regresi berganda Y=0,884 +0.730X, 0,295X,-0.192X,+0,125X,+ 1,619 Hasil analisis tersebut menjelaskan bahwa produk (product XI) berpengaruh paling besar terhadap penjualan, karena memiliki koefisien regresi paling besar yaitu 0,730, sedangkan distribusi (place-X3) berpengaruh paling kecil sebesar -0,122 selain itu berdasarkan analisis uji F bahwa bauran pemasaran secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan karena F hitung F tabel (24,180 >2,714), namun berdasarkan analisis uji T hanya variable Produk (XI) yang berpengaruh signifikan karena nilai t hitung >t table Hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa R (korelasi) sebesar 0,891 artinya bahwa variable bebas yang diamati mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan variable terikat penjualan, sedangkan koefisien determinasi (R square) sebesar 0,795 yang berarti 79,5 % variable bebas mampu menjelaskan terhadap variable terikatnya sedangkan sisanya 20,5% dipengaruhi variable bebas lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini, yaitu tingkat persaingan permintaan pasar dan sebagainya

Kata kunci: bauran pemasaran, product, price, place, promotion, penjualan

Item Type: Article
Subjects: Promosi
Sales
Periklanan
Komunikasi Pemasaran
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Faisal Hasbullah Batubara
Date Deposited: 28 Apr 2023 18:35
Last Modified: 28 Apr 2023 18:35
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3359

Actions (login required)

View Item View Item