Widodo, Anung and Endrawati, Titin and Raharjo, Sugeng DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UKM JAKARTA. In: DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA UKM JAKARTA.

[img] Text (TITIN ENDRAWATI_Prosiding Nasional)
1203-3618-2-PB (1).pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (TITIN ENDRAWATI_PEER REVIEW_PROSIDING)
peerviewer 1 dan 2 prosiding.pdf - Other

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.poltekapp.ac.id/index.php/SNMIP/art...

Abstract

Dalam kaitan usaha kecil di masa pandemic covid 19 tidak hanya pada pengusaha besar saja tapi pengusaha
kecil juga terkena dampak perekonomian yang sulit diakibatkan daya beli masyarakat yang menurun termasuk
pengusaha UKM Toko Quinsha di Jakarta yaitu beberapa UKM penjual makanan dipinggir jalan ada usaha
kecil sudah tidak berjualan lagi karena tidak ada yang beli sehingga kehabisan modal untuk berjualan
kembali. Penelitian ini bertujuan untuk peneliti yang tergerak ingin meneliti kiat-kiat meningkatkan volume
penjualan di masa pandemic covid 19 pada UKM.
Masalah yang dihadapi adalah ketika mengumpulkan data dimana UKM terkadang tidak berjualan dikarenakan
masih sepi pelanggan .Tapi ketika ada pesanan melalui telephone maka kami sudah bisa mengambil data konsumen
pembeli nasi kebuli .Sedangkan untuk nasi uduk dan nasi ulam masih dapat berjualan setiap hari kecuali hari libur
kerja Toko Quinsha tidak berjualan karena pada hari libur kerja biasanya jarang pembeli .Dan untuk menhemat
biaya operasional.
Data dikumpulkan melalui pembeli sebagai konsumen untuk mengisi kuesioner. Menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode survey . Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran sejumlah
daftar kuesioner dengan skala likert diberikan kepada 30 responden setelah disebar dalam kuesioner mengacu
kepada variabel penelitian, yaitu Volume Penjualan dan dilihat dari indikator ke 1 mendapatkan 70% , dilihat dari
indikator ke 2 mendapatkan 78% dan dilihat dari indikator ke 3 mendapatkan 76% sehingga skor rata -rata
persentase seluruh indikator adalah 74,6%
Hasil menunjukkan bahwa skor rata -rata indicator Volume penjualan dari ketiga indicator skor rata-rata
indicator masih dalam kategori baik yaitu 74%, hal itu karena skor presentase Volume penjualan persentasi
dengan nilai 74% jika dilihat dari batas kriteria ukuran 60 % - 79,99 % adalah baik, Maka hasil rata-rata dari
ketiga dimensi Volume Penjualan masih dalam ukuran kategori baik atau masih termasuk baik,
Keyword : Volume Penjualan , Dampak Covid-19, UKM

ABSTRACT
In terms of small businesses during the COVID-19 pandemic, not only big entre

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: PAK Dosen
Divisions: Publikasi Ilmiah > Seminar Nasional
Depositing User: Titin Endrawati
Date Deposited: 30 Apr 2023 10:12
Last Modified: 30 Apr 2023 10:12
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3428

Actions (login required)

View Item View Item