Rapi, Amrin Sekilas Manajemen Logistik. In: Sekilas Manajemen Logistik. Insania.
Text (AMRIN RAPI_SEKILAS MANAJEMEN LOGISTIK)
Karya ciptaan - Sekilas Manajemen Logistik.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (AMRIN RAPI_HAKI CERTIFICATE)
Sertifikat HKI Karya Ciptaan Buku.pdf - Published Version Download (756kB) |
|
Text (Bukti Editor ke 1 - Book Chapter 1 - Ruang Lingkup Logistik)
Bukti Editor ke 1 - Book Chapter 1 - Ruang Lingkup Logistik.pdf - Published Version Download (623kB) |
|
Text (Bukti Editor ke 2 - Book Chapter 1 - Ruang Lingkup Logistik)
Bukti Editor ke 2 - Book Chapter 1 - Ruang Lingkup Logistik.pdf - Published Version Download (631kB) |
|
Text (Bukti Editor ke 1 - Book Chapter 2 - Manajemen Pengadaan)
Bukti Editor ke 1 - Book Chapter 2 - Manajemen Pengadaan.pdf - Published Version Download (272kB) |
|
Text (Bukti Editor ke 2 - Book Chapter 2 - Manajemen Pengadaan)
Bukti Editor ke 2 - Book Chapter 2 - Manajemen Pengadaan.pdf - Published Version Download (273kB) |
|
Text (Bukti Editor ke 1 - Book Chapter 4 - Manajemen Persediaan)
Bukti Editor ke 1 - Book Chapter 4 - Manajemen Persediaan.pdf - Published Version Download (309kB) |
|
Text (Bukti Editor ke 2 - Book Chapter 4 - Manajemen Persediaan)
Bukti Editor ke 2 - Book Chapter 4 - Manajemen Persediaan.pdf - Published Version Download (311kB) |
Abstract
Logistik merupakan kepentingan bagi setiap orang
karena apa yang digunakan dalam kehidupan seharihari
baik sebagai individu maupun sebagai pekerja di
perusahaan akan sangat terkait dengan logistik. Sebagai
contoh, barang-barang yang ada disekitar kita atau yang kita
gunakan seperti laptop, handphone, AC, dan lain-lain,
semuanya diproduksi oleh orang lain dan tidak ada satu pun
yang bisa diproduksi oleh kita sendiri, bahkan mungkin
diproduksinya di tempat yang sangat jauh dari tempat
barang tersebut digunakan. Oleh karena itu, untuk
menjembatani proses dari mana barang itu diproduksi
sampai ke mana barang itu nantinya akan digunakan oleh
pelanggan disebut sebagai proses logistik. Sejak zaman
primitif, logistik sebetulnya sudah ada hanya saja banyak
terjadi perubahan kegiatan logistik antara masa lampau
dengan masa saat ini.
Pertama, pada zaman primitif, penduduk akan
mendekati sumber-sumber produksi atau sumber-sumber
kehidupan seperti air, hutan dan sebagainya. Pada saat
sumber itu sudah habis atau tidak mencukupi untuk
mendukung kehidupan, penduduk akan pindah ke tempat
yang lain atau dikenal dengan istilah nomaden. Sekarang,
penduduk tidak harus mendekati lokasi produksi atau
dimana barang itu dihasilkan karena sudah mempunyai alat
transportasi yang memadai untuk menutupi kesenjangan
secara geografi antara lokasi produksi (production point)
dengan lokasi konsumsi (consumption point). Kedua, dengan
teknologi transportasi yang bisa mengirimkan barang secara
aman dan murah dalam jarak yang jauh maka akan
mempengaruhi skala ekonomi produksi (production economies
of scale). Konsep skala ekonomi produksi yaitu cost per unit
untuk memproduksi barang akan turun seiring dengan
bertambahnya volume atau unit yang diproduksi.
Keterkaitan logistik dengan skala ekonomi dari produksi
adalah besaran volume pasar akan dipengaruhi oleh
jangkauan pasarnya yang mana hal ini terkait dengan
transportasi yang digunakan. Dahulu, transportasi yang
digunakan adalah manual seperti jalan kaki atau kuda
sehingga jangkauan pasar tidak luas/sempit tentunya
besaran dan volume pasar juga tidak besar. Sekarang, dengan
adanya kemajuan teknologi logistik, jangkauan pasar sudah
puluhan ribuan mil dari tempat produksi sehingga dapat
melayani pasar yang sangat luas. Dengan economies of
scale, produksi bisa lebih besar karena dapat mengantarkan
barang tersebut dalam jarak yang jauh sehingga cost per unit
produksinya bisa murah. Ketiga, spesialisasi geografi yaitu
suatu wilayah/ region/negara bisa fokus menghasilkan
produk yang terbaik bisa dilakukan oleh wilayah tersebut.
Wilayah tersebut tidak harus menghasilkan apapun yang
dibutuhkan karena sudah mudah mengirimkan dari wilayah
lain sehingga wilayah tersebut bisa fokus dengan produk
terbaiknya. Apabila dilihat secara historis, spesialisasi
geografi ini dimulai sejak Revolusi Industri I di Eropa dengan
ditemukannya mesin uap. Dengan ditemukannya mesin uap
tersebut, terjadi revolusi pada kegiatan produksi yaitu
mengubah kegiatan manual menjadi mekanik dan kegiatan
transportasi dengan ditemukannya alat transportasi yang
dapat mengirim barang dalam jarak jauh.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | PAK Dosen Rantai Pasok |
Divisions: | Perpustakaan > Dokumen PAK Dosen |
Depositing User: | Amrin Rapi |
Date Deposited: | 30 Apr 2023 23:32 |
Last Modified: | 31 May 2023 03:42 |
URI: | https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3496 |
Actions (login required)
View Item |