Theana, Desi Elmi (2018) PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN PENJUALAN PRODUK FURNITUR MEREK ANDOLETO PADA PT KREASI DEKORASI GRIYA JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_COVER)
Desi Elmi Theana_150300441_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_LEMBAR PENGESAHAN)
Desi Elmi Theana_150300441_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_LEMBAR KEASLIAN)
Desi Elmi Theana_150300441_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_KATA PENGANTAR)
Desi Elmi Theana_150300441_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_ABSTRAK)
Desi Elmi Theana_150300441_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_DAFTAR ISI)
Desi Elmi Theana_150300441_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_BAB I)
Desi Elmi Theana_150300441_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_BAB II)
Desi Elmi Theana_150300441_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_BAB III)
Desi Elmi Theana_150300441_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_BAB IV)
Desi Elmi Theana_150300441_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_BAB V)
Desi Elmi Theana_150300441_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Desi Elmi Theana_150300441_DAFTAR PUSTAKA)
Desi Elmi Theana_150300441_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Desi Elmi Theana. NIM: 150300441. PROGRAM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK FURNITUR MEREK ANDOLETO PADA PT KREASI DEKORASI GRIYA JAKARTA. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP. Juni 2018.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan penjualan produk perusahaan, pemanfaatan program Customer Relationship Management (CRM) pada penjualan produk perusahaan dan permasalahan yang terjadi dalam penerapan program CRM yang menyebabkan penurunan penjualan perusahaan. Tugas Akhir ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengatahui gambaran kondisi perusahaan dan pengumpulan data. Periode pengumpulan data dilakukan selama empat bulan masa kerja sejak tanggal 2 Januari s.d. 2 Mei 2018. Data yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah data penjualan perusahaan selama dua tahun terakhir yaitu tahun 2016 dan 2017, program-program CRM yang dimiliki perusahaan dan SOP penjualan perusahaan. Program CRM yang diterapkan sejak bulan Juli 2017 berhasil dalam meningkatkan penjualan perusahaan, tetapi pada bulan September-Desember 2017 justru mengalami penurunan penjualan padahal flow penjualan pada bulan-bulan tersebut di tahun sebelumnya justru meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa adanya permasalahan dalam penerapan program CRM pada kegiatan penjualan perusahaan. Hasil Tugas Akhir ini menyatakan bahwa kegiatan penjualan perusahaan yang dijalankan oleh tenaga penjual berpandu pada Standard Operating Procedure (SOP) yang telah disahkan oleh perusahaan. Program CRM yang diterapkan dalam kegiatan penjualan produk perusahaan berhasil dalam meningkat penjualan perusahaan. Permasalahan dalam penerapan program CRM pada kegiatan penjualan produk furnitur Andoleto yaitu tidak diterapkannya program CRM berupa Catalog Online yang bertujuan untuk mendapatkan data pengunjung website yang mengunduh katalog secara online dan dijadikan prospek baru bagi perusahaan, hal ini diindikasikan mengakibatkan penurunan penjualan pada bulan September-Desember 2017. Diharapkan Tugas Akhir ini dapat memberikan masukan bagi perusahaan dalam penyempurnaan dan perbaikan pada program Customer Relationship Management (CRM).

Kata kunci: Program, Customer Relationship Management (CRM), Penjualan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sales
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Ratih Yusarika
Date Deposited: 05 May 2020 07:03
Last Modified: 05 May 2020 07:03
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item