Nur Shadrina Kamilah, Indah (2023) AKTIVITAS KEGIATAN PELAYANAN CUSTOMER RELATION OFFICER (CRO) DI PT NANDYA KARYA PERKASA CILEUNGSI BOGOR. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Cover)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (20kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Lembar Pengesahan)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Lembar Keaslian Tugas Akhir)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Abstrak)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Abstrak.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Kata Pengantar)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Kata Pengantar.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Daftar Isi)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Daftar Isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB I)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB II)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB III)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB IV)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB V)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Daftar Pustaka)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Lampiran)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Tugas Akhir FULL)
Indah Nur Shadrina Kamilah_200303371_Tugas Akhir FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indah Nur Shadrina Kamilah. NIM: 200303371. AKTIVITAS KEGIATAN PELAYANAN CUSTOMER RELATION OFFICER (CRO) PADA PT NANDYA KARYA PERKASA CILEUNGSI BOGOR. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta, Juli 2023.

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas pelayanan kegiatan pelaksanaan Customer Relation Officer (CRO) di PT Nandya Karya Perkasa Cileungsi Bogor, kendala yang terjadi dan solusi atau saran yang dilakukan untuk menghadapi kendala tersebut. Perusahaan ini bergerak dibidang industri otomotif metal stamping dan welding. Tugas akhir ini menggunakan metode observasi kerja praktik yang dilakukan selama 6 bulan di PT Nandya Karya Perkasa Cileungsi, Bogor tepatnya pada kegiatan yang dilakukan pada divisi sebagai seorang customer relation officer. Selama kegiatan magang berlangsung, penulis melakukan kegiatan utama yaitu mengecheck email setiap harinya, melakukan konfirmasi email customer, melakukan follow up customer dan menginput purchase order customer melalui sistem. Namun dalam melakukan kegiatan magang sebagai seorang Customer Relation Officer tersebut terdapat permasalahan yang terjadi yaitu mendapatkan complain dari pelanggan terkait harga produk yang berbeda antara pihak perusahaan dan pihak customer, terjadinya penumpukan barang akibat proses pengiriman yang tertunda, dan delivery yang tidak tepat waktu yang diakibatkan keteledoran ketika meletakan surat jalan untuk melakukan pengiriman. Maka dari itu, perlu dilakukan analisa terkait permasalahan yang terjadi. Pemecahan masalah dari kendala yang ada yaitu memberikan noticement dan selalu melakukan konfirmasi perubahan harga kepada customer, membuat sistem filling untuk mengurutkan tanggal pada saat melakukan purchase order customer, membuat sebuah perjanjian rekonfirmasi antara pihak perusahaan dan pihak customer, dan membuat soft copy dari surat jalan serta menyimpan file customer di dokumen yang berbeda.

Kata kunci: Pelayanan, Customer Relation Officer, Industri otomotif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Customer Relation Officer, Industri otomotif
Subjects: Service
Komunikasi Pemasaran
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Indah Nur Shadrina Kamilah
Date Deposited: 30 Jul 2023 14:57
Last Modified: 30 Jul 2023 14:57
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3750

Actions (login required)

View Item View Item