Zahra, Tsamara Awalia (2023) STRATEGI PEMASARAN CEMENTING & PUMPING SERVICES DI PT ELNUSA TBK. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_COVER)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_LEMBAR PENGESAHAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_LEMBAR KEASLIAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_ABSTRAK)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_KATA PENGANTAR)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_DAFTAR ISI)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB I PENDAHULUAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB III METODE PENELITIAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_ANALISIS DAN PEMBAHASAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (833kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_DAFTAR PUSTAKA)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_LAMPIRAN)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Tsamara Awalia Zahra_200303430_TUGAS AKHIR FULL)
Tsamara Awalia Zahra_200303430_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tsamara Awalia Zahra. NIM : 200303430. STRATEGI PEMASARAN CEMENTING & PUMPING SERVICES DI PT ELNUSA TBK. Tugas Akhir, Jakarta : Politeknik APP Jakarta. Juli 2023.

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Elnusa Tbk untuk memasarkan layanan Cementing & Pumping Services dalam membangun kekuatan, mengatasi kelemahan, mencari peluang serta menghadapi ancaman dan untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang dapat digunakan layanan Cementing & Pumping Services berdasarkan analisis SWOT dalam menghadapi persaingan dalam industri cementing & pumping. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis SWOT yang meliputi IFAS, EFAS, Diagram Analisis SWOT, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Kombinasi Matriks SWOT. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan berada pada kuadran 1 dengan letak koordinat pada sumbu x (faktor strategis internal) sebesar 1,56 dan letak koordinat pada sumbu y (faktor strategis eksternal) pada 0,9 dan pada matriks IE, perusahaan berada pada sel V dengan total skor IFAS sebesar 2,97 dan EFAS sebesar 2,87. Hasil rumusan kombinasi strategi matriks SWOT adalah perusahaan dapat menerapkan strategi SO (Strength Opportunity) dalam merumuskan strategi pemasaran dengan mempertahankan keunggulan perusahaan meliputi meningkatkan kinerja pengembangan riset dan teknologi dalam pembuatan inovasi dengan TKDN yang tinggi untuk bersaing dengan perusahaan asing, melakukan kerjasama dengan perusahaan pemilik peralatan cementing & pumping untuk memperluas pangsa pasar di bawah Pertamina maupun non Pertamina, memanfaatkan lokasi proyek yang bekerjasama Pertamina untuk melakukan penetrasi pasar Elnusa pada perusahaan diluar Pertamina atau anak bisnis Pertamina.

Kata kunci : Pemasaran, Strategi Pemasaran, Cementing & Pumping Services, IFAS, EFAS, Matriks IE

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Strategi Pemasaran, Cementing & Pumping Services, IFAS, EFAS, Matriks IE
Subjects: Sales
Business Plan
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Tsamara Awalia Zahra
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:44
Last Modified: 22 Aug 2023 09:44
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3867

Actions (login required)

View Item View Item