Divani, Meylani (2023) ANALISIS PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACTION) PADA AKTIVITAS PENJUALAN DI MARKETPLACE PT JAGAPATI DOT COM. Diploma thesis, Politeknik APP.

[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_COVER)
MEYLANI DIVANI_200103045_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_LEMBAR PENGESAHAN)
MEYLANI DIVANI_200103045_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_LEMBAR KEASLIAN)
MEYLANI DIVANI_200103045_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_ABSTRAK)
MEYLANI DIVANI_200103045_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_KATA PENGANTAR)
MEYLANI DIVANI_200103045_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_DAFTAR ISI)
MEYLANI DIVANI_200103045_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 1)
MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 1.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 2)
MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 2.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 3)
MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 4)
MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 5)
MEYLANI DIVANI_200103045_BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_DAFTAR PUSTAKA)
MEYLANI DIVANI_200103045_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_LAMPIRAN)
MEYLANI DIVANI_200103045_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (MEYLANI DIVANI_200103045_TUGAS AKHIR FULL)
MEYLANI DIVANI_200103045_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Meylani Divani. NIM: 200103045. Analisis Penanganan Komplain Pelanggan Menggunakan Metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) pada Aktivitas Penjualan di Marketplace PT Jagapati Dot Com. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2023.

PT Jagapati Dot Com merupakan perusahaan e-commerce yang melakukan penjualan pada marketplace. Kerja Praktik ditempatkan pada Divisi Store Management and Operation. Selama menjalani Kerja Praktik, permasalahan yang sering dihadapi adalah komplain yang berasal dari pelanggan marketplace PT Jagapati Dot Com yang berakibat pada penurunan keuntungan perusahaan dan reputasi perusahaan memburuk. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab komplain pelanggan dan merumuskan usulan perbaikan untuk meminimalisir adanya komplain kembali. Berdasarkan permasalahan, pemecahan masalah menggunakan tools PDCA (Plan, Do, Check, Action). Pada tahapan plan, proses pemecahan masalah dibantu dengan tools diagram pareto dan diagram sebab akibat untuk menganalisis akar penyebab permasalahan dan merumuskan rencana solusi perbaikan. Tahapan do adalah melakukan uji coba terkait lima solusi perbaikan yang telah direncanakan. Selanjutnya, tahapan check dilakukan untuk memastikan bahwa implementasi sudah berjalan sesuai yang diharapkan, dibantu dengan tools check sheet. Pada tahap action dilakukan perbaikan proses yang belum optimal dilaksanakan serta dilakukan tindakan-tindakan pengendalian atau pemberlakuan standarisasi lebih lanjut yang masih mungkin untuk diimplementasikan. Perbaikan proses dan tindakan pengendalian yang diberikan, yaitu melakukan pengecekan ulang sebelum barang dikemas atau diproses; melakukan pengecekan kesesuaian posisi barang pada saat cycle counting untuk memastikan penempatan barang telah benar di rak inventory; melakukan briefing harian dengan memastikan picker mengambil dan meletakkan barang pada tempatnya serta melakukan pengawasan; membuat formulir pengecekan terkait pengeluaran barang; serta menambah karyawan dari rekrutmen baru maupun dari peserta magang untuk Divisi Warehouse.

Kata Kunci : E-commerce, PDCA, Komplain, Fishbone Diagram, Diagram Pareto

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-commerce, PDCA, Komplain, Fishbone Diagram, Diagram Pareto
Subjects: Perilaku Konsumen
Service
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Meylani Divani
Date Deposited: 04 Sep 2023 03:09
Last Modified: 04 Sep 2023 03:09
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3941

Actions (login required)

View Item View Item