Saputra, Davin Aprilio (2024) LAPORAN KERJA PRAKTIK INDUSTRI DI PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG FATMAWATI JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_COVER)
Davin Aprilio Saputra_210103842_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_HALAMAN PENGESAHAAN)
Davin Aprilio Saputra_210103842_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_LEMBAR KEASLIAN)
Davin Aprilio Saputra_210103842_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN LAPORAN PRAKTIK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_RINGKASAN)
Davin Aprilio Saputra_210103842_RINGKASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_PRAKATA)
Davin Aprilio Saputra_210103842_PRAKATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_DAFTAR ISI)
Davin Aprilio Saputra_210103842_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_BAB 1)
Davin Aprilio Saputra_210103842_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_BAB II)
Davin Aprilio Saputra_210103842_BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_BAB III)
Davin Aprilio Saputra_210103842_BAB III KEGIATAN KERJA PRAKTIK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_BAB IV)
Davin Aprilio Saputra_210103842_BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_BAB V)
Davin Aprilio Saputra_210103842_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_DAFTAR PUSTAKA)
Davin Aprilio Saputra_210103842_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_LAMPIRAN)
Davin Aprilio Saputra_210103842_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Davin Aprilio Saputra_ 210103842_TA FULL TEXT)
Davin Aprilio Saputra_210103842_LAPORAN KERJA PRAKTIK FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Davin Aprilio Saputra. NIM: 210103842. Laporan Kerja Praktik Industri di PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Fatmawati Jakarta Selatan, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juni 2024.

Kerja Praktik Industri dilakukan di PT Pos Indonesia cabang Jakarta Selatan pada divisi pengendalian operasi kurir dan logistik di gudang bagian incoming & processing paket kiriman luar negeri. Divisi ini bertanggung jawab atas kegiatan operasi kurir, yaitu melaksanakan dan mengawasi dari hulu ke hilirnya kegiatan operasi kurir, dimulai dari proses first mile, middle mile, dan last mile. Kegiatan pengelolaan barang yang dilakukan pada divisi ini antara lain: unbagging & receiving, sortir barang, scan distribusi sistem, respon bea cukai, membuat dokumen invoice barang, serta mendistribusikan fisik barang ke masing-masing pool wilayah antaran. Masalah yang ditemui selama kerja praktik adalah komplain pelanggan terkait pengiriman barang produk paket pos luar negeri (LN) yang dapat diketahui dari sistem CCH (Customer Complaint Handling) PT Pos Indonesia (Persero). Berdasarkan hasil wawancara, hampir 90% komplain yang dikeluhkan pelanggan terkait produk paket pos luar negeri (LN) merupakan keterlambatan pengiriman barang. Biasanya pelanggan mengeluhkan barang/kirimannya belum sampai ke alamat tujuan, padahal sudah melunasi pembiayaan terkait barang/kiriman tersebut dan sudah melewati masa estimasi barang tiba (H+1 pelunasan biaya barang/kiriman). Hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dan hilangnya kepercayaan pelanggan untuk kembali menggunakan layanan pengiriman perusahaan. Dikarenakan Pelanggan yang puas pasti akan kembali untuk kebutuhan melakukan transaksi. Oleh sebab itu, tindakan perbaikan dilakukan untuk mengurangi jumlah komplain keterlambatan pengiriman barang. Tindakan perbaikan dianalisis menggunakan salah satu metode dari seven tools yaitu diagram fishbone. Hasil diskusi dan analisis didapatkan faktor manusia, metode, dan mesin adalah faktor yang sangat mempengaruhi keterlambatannya pengiriman barang. Usulan perbaikan yang disarankan adalah pembuatan dokumen sederhana flowchart, SOP (Standar Operasional Prosedur), dan IK (Instruksi Kerja) pengelolaan barang/kiriman produk pos luar negeri, menambah kuantitas peralatan material handling, pembaruan sistem informasi, dan melakukan perawatan kendaraan. Pada bulan terakhir praktik kerja industri, yaitu Mei 2024, usulan perbaikan dokumen sederhana flowchart, SOP (Standar Operasional Prosedur), dan IK (Instruksi Kerja) pengelolaan barang/kiriman produk paket pos luar negeri (LN) diimplementasikan. Usulan perbaikan tersebut tentunya dapat mengurangi kesalahan dalam pengelolaan barang, dan bisa melakukan efisiensi waktu pekerjaan pengelolaan kiriman/barang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pergudangan
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: DAVIN APRILIO SAPUTRA
Date Deposited: 05 Sep 2024 10:21
Last Modified: 05 Sep 2024 10:21
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item