Arianti, Wicita Dwi (2018) PELAKSANAAN CUSTOMER RELATION OFFICER (CRO) PADA PT ELSON SOLUSI GLOBAL JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_COVER)
Wicita Dwi Arianti_150300345_COVER.pdf - Submitted Version

Download (311kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_LEMBAR PENGESAHAN)
Wicita Dwi Arianti_150300345_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version

Download (411kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_LEMBAR KEASLIAN)
Wicita Dwi Arianti_150300345_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version

Download (423kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_KATA PENGANTAR)
Wicita Dwi Arianti_150300345_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version

Download (144kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_ABSTRAK)
Wicita Dwi Arianti_150300345_ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (85kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_DAFTAR ISI)
Wicita Dwi Arianti_150300345_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version

Download (256kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB I)
Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB I.pdf - Submitted Version

Download (253kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB II)
Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB II.pdf - Submitted Version

Download (568kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB III)
Wicita Dwi Arianti_150300345_Bab III.pdf - Submitted Version

Download (512kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB IV)
Wicita Dwi Arianti_150300345_ BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (755kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB V)
Wicita Dwi Arianti_150300345_BAB V.pdf - Submitted Version

Download (158kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_DAFTAR PUSTAKA)
Wicita Dwi Arianti_150300345_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (242kB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_LAMPIRAN)
Wicita Dwi Arianti_150300345_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text (Wicita Dwi Arianti_150300345_TUGAS AKHIR FULL)
Wicita Dwi Arianti_150300345_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Wicita Dwi Arianti, NIM: 150300345. Pelaksanaan Customer Relation Officer pada PT Elson Solusi Global. Tugas Akhir, Jakarta: Juni 2018
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan customer relation officer dalam melayani konsumen, Tugas akhir ini menggunakan analisis problem solving melalui pengamatan yang terjadi selama magang di PT Elson Solusi Global tepatnya pada kegiatan yang dilakukan oleh customer relation officer dalam bentuk laporan magang. Perusahaan ini bergerak dibidang jasa dimana menawarkan untuk memenuhi kebutuhan dan dapat dihasilkan menggunkan benda-benda berwujud ataupun tidak. Maka dari itu, selama proses magang tugas yang diberikan terdiri dari 8 kegiatan mulai dari menerima dan menjawab konsumen masuk, melakukan riset, mengumpulkan database, mengirim proposal penawaran serta menambahkan dan memperbaharui database leads atau konsumen, melakukan follow up sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati, berkoordinasi dengan pihak terkait ketika proposal disetuju, meminta buyer persona dan testimoni klien terkait layanan yang sudah digunakan, membuat laporan secara berkala. Namun dalam melakukan kegiatan tersebut terdapat permasalahan yang terjadi pada saat memberikan pelayanan kepada konsumen yang dapat menghambat kerja atau kinerja seorang customer relation officer yaitu kendala dalam komunikasi Bahasa Inggris saat menerima dan menjawab konsumen masuk, pengetahuan mengenai layanan perusahaan, kendala sambungan telepon serta internet, informasi database yang tidak terpenuhi, dan pilihan bahasa pada konsumen untuk membuat penawaran. Maka dari itu, perlu dilakukan analisa terkait permasalahan yang ada. Pemecahan masalah dari kendala yang ada yaitu melatih skill komunikasi, pemberian pemahaman mengenai undang-undang tenaga kerja, menyediakan pilihan bahasa pada format proposal penawaran. Hasil tugas akhir ini mengindikasikan bahwa sesuai dengan teori Alma Buchari(2013), Frazier (2000), Danang Sunyoto(2017).
Kata kunci: pemasaran jasa, customer relation officer, pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi Pemasaran
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Ratih Yusarika
Date Deposited: 18 Jun 2020 08:55
Last Modified: 23 Jul 2020 02:41
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item