Putri, Aulia Eka (2024) LAPORAN KERJA PRAKTIK INDUSTRI DI PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG FATMAWATI JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Aulia Eka Putri_210103735_COVER)
Aulia Eka Putri_210103735_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_HALAMAN PENGESAHAN)
Aulia Eka Putri_210103735_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_LEMBAR KEASLIAN)
Aulia Eka Putri_210103735_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_RINGKASAN)
Aulia Eka Putri_210103735_RINGKASAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_PRAKATA)
Aulia Eka Putri_210103735_PRAKATA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_DAFTAR ISI)
Aulia Eka Putri_210103735_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_BAB I)
Aulia Eka Putri_210103735_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_BAB II)
Aulia Eka Putri_210103735_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_BAB III)
Aulia Eka Putri_210103735_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_BAB IV)
Aulia Eka Putri_210103735_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_BAB V)
Aulia Eka Putri_210103735_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_DAFTAR PUSTAKA)
Aulia Eka Putri_210103735_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_LAMPIRAN)
Aulia Eka Putri_210103735_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Aulia Eka Putri_210103735_LAPORAN KERJA PRAKTIK FULL)
Aulia Eka Putri_210103735_LAPORAN KERJA PRAKTIK FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Aulia Eka Putri. NIM: 210103735. Laporan Kerja Praktik Industri dilakukan di PT Pos Indonesia cabang Jakarta Selatan , Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Agustus 2024.
Kerja Praktik Industri dilakukan di PT Pos Indonesia cabang Jakarta Selatan pada divisi penjualan jasa keuangan pada bagian admin penjualan jasa keuangan yang berlokasi di Jl. RS. Fatmawati Raya No.10, RT.1/RW.4, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Divisi ini bertanggung jawab memasukan hasil penjualan harian ke komputer dan merekap dokumen penerimaan kiriman bantuan sosial berupa beras. Kegiatan yang dilakukan pada divisi ini antara lain input data penjualan harian ke komputer, merekap dokumen Surat Jalan (STJ) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) kiriman barang berupa karung berisi beras berdasarkan wilayah Jakarta Selatan sekitar. Permasalahan yang ditemukan selama kerja praktik adalah ditolaknya dokumen surat jalan dan BAST tidak adanya tanda terima barang. Berdasarkan data rekapitulasi dokumen penerimaan barang pada September sampai Desember tahun 2023 yaitu sebanyak 148 dokumen yang ditolak oleh pelanggan karena tidak ada tanda terima barang. Hal tersebut menyebabkan terhambatnya proses administrasi klaim penerimaan barang. Oleh sebab itu, tindakan perbaikan dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dalam penanganan dokumen penerimaan barang yaitu dengan menganalisis akar permasalahan menggunakan diagram fishbone. Adapun ditemukan masalah utama yaitu banyaknya pada surat jalan dan BAST ditolak karena tidak ada tanda terima lengkap seperti tidak ada nama, tanda tangan dan cap penerima. Usulan perbaikan menggunakan metode 5W+1H yang disarankan diantaranya pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP), form kegiatan delivery harian dan sosialisasi penanganan dokumen penerimaan barang yang tepat. Usulan yang diberikan dengan harapan dapat membantu, mengatasi atau setidaknya meminimalisir terjadinya permasalahan tersebut.
Kata Kunci: Fishbone, Rekapitulasi, SOP dan Form kegiatan delivery harian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Fishbone, Rekapitulasi, SOP dan Form kegiatan delivery harian |
Subjects: | Manajemen Organisasi |
Divisions: | D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika |
Depositing User: | Aulia Eka Putri |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:18 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:18 |
URI: | https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/4502 |
Actions (login required)
View Item |