Ningsih, Meliyani Cahya (2024) ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENERBITAN INVOICE JASA PENGIRIMAN MENGGUNAKAN METODE FMEA DI PT HAMADA LOGISTIK. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_COVER)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_ABSTRAK)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_LEMBAR PENGESAHAN)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_LEMBAR KEASLIAN AKHIR)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_LEMBAR KEASLIAN AKHIR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_PRAKATA)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_PRAKATA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR ISI)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR TABEL)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR TABEL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR GAMBAR)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR GAMBAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR LAMPIRAN)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB I PENDAHULUAN)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB II STUDI PUSTAKA)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB II STUDI PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB III KEGIATAN KERJA PRAKTIK)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB III KEGIATAN KERJA PRAKTIK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB IV PEMBAHASAN)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB V PENUTUP)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_BAB V PENUTUP.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR PUSTAKA)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_LAMPIRAN)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Meliyani Cahya Ningsih_210103971_TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Meliyani Cahya Ningsih_210103971_Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Meliyani Cahya Ningsih. NIM: 210103971. ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN PENERBITAN INVOICE JASA PENGIRIMAN MENGGUNAKAN METODE FMEA DI PT HAMADA LOGISTIK. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2024

Kelancaran proses penerbitan invoice jasa pengiriman barang penting untuk diperhatikan agar pendapatan dan arus kas perusahaan stabil sehingga proses kerja lancar. Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis penyebab keterlambatan penerbitan invoice dan memberikan usulan perbaikan terkait permasalahan yang terjadi. Kerja praktik dilaksanakan di PT Hamada Logistik, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Pelayanan yang disediakan yaitu sewa unit kendaraan dan driver. Setiap penagihan pembayaran atas pelayanan dari PT Hamada Logistik dilakukan setelah proses pengiriman telah selesai dan lampiran bukti pengiriman telah dikembalikan ke kantor pusat PT Hamada Logistik. Namun pada proses penagihan, terdapat keterlambatan dalam penerbitan proses invoice jasa pengiriman setiap bulannya. Hal tersebut memberikan dampak ketidaklancaran arus kas dan proses kerja. Identifikasi masalah dilakukan dengan menggunakan metode fishbone diagram. Kemudian analisis penyebab permasalahan dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Pembobotan faktor penyebab dengan severity rating, occurrence rating, dan detection rating untuk mendapatkan hasil Risk Priority Number (RPN) tertinggi. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan mendapatkan hasil nilai rata-rata RPN tertinggi yaitu sebesar 336 dengan faktor penyebabnya adalah transaksi penjualan yang dilaksanakan sebelum atau tanpa adanya perjanjian dengan pelanggan. Usulan perbaikan atas penyebab masalah tersebut yaitu dengan metode 5W+1H dengan cara membuat formulir persetujuan pelanggan pada saat transaksi penjualan. Penerapan usulan tersebut diharapkan dapat meminimalisir keterlambatan penerbitan invoice.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Invoice, Fishbone diagram, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Risk Priority Number (RPN), 5W+1H
Subjects: Teknik Pengambilan Keputusan
Manajemen Organisasi
Manajemen Transportasi dan Distribusi
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: MELIYANI CAHYA NINGSIH
Date Deposited: 15 Oct 2024 09:53
Last Modified: 15 Oct 2024 09:53
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item