Akhsya, Muhammad Daffa (2024) ANALISIS PERFORMA BOX SHIP HOUR PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT DI PT PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PERSERO) CABANG TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_COVER)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_LEMBAR PENGESAHAN)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_LEMBAR KEASLIAN AKHIR)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_LEMBAR KEASLIAN AKHIR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_ABSTRAK)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_KATA PENGANTAR)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_DAFTAR ISI)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB I PENDAHULUAN)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_ BAB II STUDI PUSTAKA)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB II STUDI PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_ BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB IV PEMBAHASAN)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB V PENUTUP)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_BAB V PENUTUP.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_DAFTAR PUSTAKA)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_LAMPIRAN)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Muhammad Daffa Akhsya_210203895_TUGAS AKHIR FULL)
Muhammad Daffa Akhsya_210203895_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Muhammad Daffa Akhsya. NIM: 210203895 Analisis Performa Box Ship Hour Pada Kegiatan Bongkar Muat di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Cabang Tanjung Priok. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juni 2024
Tujuan analisis ini adalah untuk menganalisis performa Box Ship Hour (BSH) pada kegiatan bongkar muat di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) cabang Tanjung Priok, khususnya pada kapal KM Logistik Nusantara 4. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung dan pengumpulan data sekunder dari aktivitas bongkar muat selama beberapa voyage. Hasil analisa menunjukkan bahwa nilai BSH bervariasi secara signifikan antar voyage, dengan nilai tertinggi untuk bongkar tercatat pada voyage 4 dan 5 dengan 15 TEUS per jam dan terendah pada voyage 1 dengan 10 TEUS per jam, serta nilai tertinggi untuk muat pada voyage 3 dengan 16 TEUS per jam dan terendah pada voyage 6 dengan 4 TEUS per jam. Variasi ini dipengaruhi oleh jumlah dan efisiensi penggunaan crane, kualitas tenaga kerja, serta kondisi lingkungan dan cuaca. Analisis ini menekankan pentingnya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat dan konsisten serta verifikasi data secara berkala untuk memastikan akurasi evaluasi performa BSH. Rekomendasi untuk PT PELNI meliputi peningkatan jumlah dan efisiensi penggunaan crane, perbaikan infrastruktur pelabuhan, serta peningkatan program pelatihan tenaga kerja dan pemanfaatan teknologi canggih seperti otomatisasi dan analitik data besar. Implementasi rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi waktu pelayanan kapal di terminal, dan meningkatkan produktivitas keseluruhan.
Kata Kunci: Box Ship Hour, Bongkar Muat, Efisiensi Operasional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Box Ship Hour, Bongkar Muat, Efisiensi Operasional |
Subjects: | Manajemen Transportasi dan Distribusi Rantai Pasok |
Divisions: | D-3 Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT |
Depositing User: | Muhammad Daffa Akhsya |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 14:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 14:19 |
URI: | https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/4575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |