Ramdaru, Daffa Tri (2024) LAPORAN KERJA PRAKTIK INDUSTRI PADA PT DSV SOLUTIONS INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Cover)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Lembar Pengesahan)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Lembar Keaslian Tugas Akhir)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Abstrak)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Abstrak.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Kata Pengantar)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Kata Pengantar.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Daftar Isi)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Daftar Isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab I)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab II)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab III)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab IV)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab V)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Daftar Pustaka)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Lampiran)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Daffa Tri Ramdaru_210103737_Tugas Akhir FULL TEXT TA LENGKAP)
Daffa Tri Ramdaru_210103737_Tugas Akhir FULL TEXT TA LENGKAP.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Daffa Tri Ramdaru. NIM: 210103737. Laporan Kerja Praktik Industri pada PT DSV Solutions Indonesia. Laporan Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta. Juli 2024

Perbaikan berkelanjutan pada bisnis jasa logistik merupakan hal yang penting. PT DSV Solutions Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang jasa logistik, salah satunya adalah pergudangan. Penempatan kerja praktik dilaksanakan di PT DSV Solutions Indonesia (Customer MAA Sport) pada divisi outbound sebagai checker tujuan pengiriman luar kota, pengiriman barang terbagi menjadi dua rute, yaitu luar kota dan dalam kota. Checker bertugas untuk menyiapkan barang, memproses barang pada sistem, dan mengeluarkan barang. Kondisi kurang ideal yang ditemukan untuk berpeluang dilakukan perbaikan berkelanjutan adalah barang aging. Tujuan dilakukannya perbaikan berkelanjutan adalah untuk membantu perusahaan dalam mengurangi atau bahkan meniadakan barang aging. Barang aging adalah barang yang lebih dari satu hari setelah dikemas oleh QC (quality control), tetapi belum terkirim. Barang aging memberikan dampak, seperti memenuhi area outbound yang mengakibatkan overload pada area outbound, klaim materiel dari customer kepada manajemen perusahaan, dan komplain dari toko-toko yang dimiliki customer. Penyebab dari permasalahan timbul dari empat faktor. Faktor method, seperti cara print label alamat yang salah dan tidak ada pengecekan ulang setelah proses grouping. Faktor man, seperti salah memberikan label alamat, barang tidak diletakkan di area outbound, kesalahan dalam grouping, dan disinformasi antar divisi. Faktor measurement, seperti kurangnya tindak lanjut dari hasil evaluasi. Faktor material, seperti ukuran tulisan yang kecil pada label alamat. Solusi yang bisa diterapkan pada permasalahan tersebut, yaitu membuat instruksi kerja di divisi quality control dan divisi outbound, pembuatan list toko yang tidak bisa terima barang, briefing yang dilakukan oleh leader, dan request kepada customer untuk memperbesar ukuran tulisan label alamat.

Kata Kunci: Outbound, Perbaikan Berkelanjutan, Fishbone, Instruksi Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Outbound, Perbaikan Berkelanjutan, Fishbone, Instruksi Kerja
Subjects: Manajemen Pergudangan
Divisions: D-3 Manajemen Logistik Industri Elektronika
Depositing User: Daffa Tri Ramdaru
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:34
Last Modified: 23 Oct 2024 03:34
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item