Utomo, Marchel Prastio (2024) KEGIATAN RESERVATION AGENT PADA FRONT OFFICE DEPARTMENT DI HOTEL PESONA ALAM RESORT & SPA BOGOR JAWA BARAT. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_COVER)
Marchel Prastio Utomo_210303804_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_HALAMAN PENGESAHAN)
Marchel Prastio Utomo_210303804_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_HALAMAN KEASLIAN)
Marchel Prastio Utomo_210303804_HALAMAN KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_ABSTRAK)
Marchel Prastio Utomo_210303804_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_KATA PENGANTAR)
Marchel Prastio Utomo_210303804_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_DAFTAR ISI)
Marchel Prastio Utomo_210303804_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB I)
Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB II)
Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB III)
Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB IV)
Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (663kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB V)
Marchel Prastio Utomo_210303804_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_DAFTAR PUSTAKA)
Marchel Prastio Utomo_210303804_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_LAMPIRAN)
Marchel Prastio Utomo_210303804_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text (Marchel Prastio Utomo_210303804_TUGAS AKHIR FULL)
Marchel Prastio Utomo_210303804_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Marchel Prastio Utomo. NIM 210303804. Kegiatan Reservation Agent pada Front Office Department di Hotel Pesona Alam Resort & SPA Bogor Jawa Barat. Tugas Akhir, Jakarta : Politeknik APP. Agustus 2024.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan reservation
agent pada front office department di Hotel Pesona Alam Resort & Spa Bogor Jawa Barat, mengetahui permasalahan yang terjadi serta solusi yang diberikan atas permasalahan yang terjadi pada kegiatan reservation agent pada front office department di Hotel Pesona Alam Resort & Spa Bogor Jawa Barat. Tugas akhir ini disusun berdasarkan hasil kegiatan praktik kerja industri yang penulis lakukan selama tiga bulan pada departemen front office bagian Reservation Agent. Tugas utama yang dilakukan penulis adalah proses reservasi melalui whatsapp business dan telepon, melakukan update voucher dari travel agent, dan melakukan checking expected arrival today. Selain itu terdapat tugas tambahan yang dilakukan selama praktik kerja industri, yaitu membantu tim bellboy, membantu membawakan barang tamu dari lobby ke kamar tamu maupun dari kamar ke lobby. Dalam menjalankan praktik kerja industri terdapat permasalahan yang dialami penulis saat mengerjakan tugas utama, yaitu adanya double payment, double booking, ketidaksesuaian data tamu, dan over booking. Berdasarkan permasalahan yang dialami, terdapat solusi yang dilakukan, yaitu melakukan follow up untuk pengembalian dana yang sudah dibayarkan, menjelaskan dan meyakinkan customer bahwa dana yang sudah dibayarkan akan dikembalikan dalam sepuluh hari waktu kerja, membantu membatalkan pesanan dengan cara mengkonfirmasi pada pihak ketiga atau travel agent bahwa pesanan terserbut bisa dibatalkan, meningkatkan koordinasi anatara departemen dengan selalu melakukan update ketika ada data yang diubah ataupun diupdate, dan memberikan alternatif untuk memindahkan pelanggan dalam menginap. Diharapkan Tugas Akhir ini dapat menjadi bahan pertimbangan perbaikan bagi Hotel Pesona Alam Resort & Spa dalam melakukan kegiatan front office.
Kata Kunci: Reservation, Customer Service, Pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reservation, Customer Service, Pelayanan. |
Subjects: | Service |
Divisions: | D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika |
Depositing User: | Marchel Prastio Utomo |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 04:03 |
URI: | https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/4606 |
Actions (login required)
View Item |