Rahmadina, Maula Zikri (2020) ANALISIS KERUSAKAN PRODUK DALAM PROSES DISTRIBUSI PADA PT FRISIAN FLAG INDONESIA JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_COVER)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (15kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_LEMBAR KEASLIAN)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_LEMBAR KEASLIAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_ABSTRAK)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_PRAKATA)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_PRAKATA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_DAFTAR ISI-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB I)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB I.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB II)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB III)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB IV)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB V)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_DAFTAR PUSTAKA)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_LAMPIRAN)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Maula Zikri Rahmadina_170301648_TUGAS AKHIR FULL)
Maula Zikri Rahmadina_170301648_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Maula Zikri Rahmadina. NIM : 170301648. ANALISIS KERUSAKAN PRODUK DALAM PROSES DISTRIBUSI PADA PT FRISIAN FLAG INDONESIA JAKARTA. Tugas Akhir, Jakarta : Politeknik APP Jakarta. Agustus 2020.
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses distribusi produk di PT Frisian Flag Indonesia sampai pada distributor dan mengetahui cara penanganan kerusakan produk dalam proses distribusi produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi dan benchmarking teori. Proses distribusi produk di PT Frisian Flag Indonesia yaitu diawali dengan PT Frisian Flag Indonesia sebagai produsen memproduksi dan mengolah bahan baku sampai menjadi produk siap konsumsi. Produk susu selanjutnya dikirimkan kepada distributor sebagai pedagang besar. Pada kegiatan distribusi yang berjalan, PT Frisian Flag Indonesia bekerja sama dengan beberapa vendor untuk mengirim dan memastikan produk sampai di distributor dengan aman serta dalam kondisi baik. Produk susu yang telah sampai akan dijual oleh distributor kepada pengecer yang berada di daerah atau wilayah distributor sampai akhirnya dapat dikonsumsi oleh konsumen akhir. Penanganan kerusakan produk yang dilakukan oleh PT Frisian Flag Indonesia sudah sesuai dengan prosedur dan perlu dipertahankan. PT Frisian Flag Indonesia memberikan dua kebijakan kepada distributor dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan yaitu memberikan kompensasi berupa potongan harga dan mengirimkan produk baru dalam jangka waktu yang cepat agar kompensasi tersebut dapat diterima oleh distributor dalam jangka waktu yang tepat. Hal tersebut dapat mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap PT Frisian Flag Indonesia. Kegiatan distribusi produk di PT Frisian Flag Indonesia belum sepenuhnya berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan terdapat kendala selama proses distribusi produk seperti kualitas karton box kurang kuat dengan ketebalan (2 mm) dan kerusakan pada kemasan produknya saat pengiriman kepada distributor. Kerusakan produk yang terjadi sebesar (0,5%) dari total pengiriman secara nasional ke seluruh distributor di wilayah Indonesia dengan jumlah kerusakan berbeda-beda pada distributor. Dari kendala yang dialami disarankan harus meningkatkan ketebalan ukuran karton box yang saat ini digunakan yaitu (2 mm) menjadi lebih tebal dengan ukuran (5 mm) sehingga tidak rentan rusak dan tidak menghambat keseluruhan kegiatan distribusi produk serta melakukan pengawasan ketat terhadap proses pemusnahan produk rusak yang tidak dapat dijual untuk menghindari produk diperjual belikan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.
Kata kunci : Distribusi. Kerusakan Produk. Saluran Distribusi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Distribusi. Kerusakan Produk. Saluran Distribusi |
Subjects: | Manajemen Transportasi dan Distribusi |
Divisions: | D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika |
Depositing User: | Maula Zikri Rahmadina |
Date Deposited: | 20 Sep 2020 13:46 |
Last Modified: | 20 Sep 2020 13:46 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/566 |
Actions (login required)
View Item |