Siregar, Maria Grace Irene (2020) LAPORAN KEGIATAN CUSTOMER SERVICE PADA PT BUMEN REDJA ABADI MITSUBISHI MOTORS DI JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_COVER)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_ABSTRAK)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_PRAKATA)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_DAFTAR ISI)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB I PENDAHULUAN)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB IV HASIL & PEMBAHASAN)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB IV HASIL & PEMBAHASAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB V KESIMPULAN & SARAN)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_DAFTAR PUSTAKA)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_LAMPIRAN)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Maria Grace Irene Siregar_170301608_TUGAS AKHIR FULL)
Maria Grace Irene Siregar_170301608_TUGAS AKHIR FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Maria Grace Irene Siregar , NIM: 170301608 . LAPORAN KEGIATAN
CUSTOMER SERVICE PADA PT. BUMEN REDJA ABADI MITSUBISHI MOTORS DI JAKARTA SELATAN . Tugas Akhir , Jakarta: Politeknik APP. Agustus 2020.

Tugas akhir laporan kerja praktik ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan Customer Service pada PT. Bumen Redja Abadi Mitsubishi Motors Jakarta Selatan, berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kendaraan mobil penumpang di Indonesia pada tahun 2018 adalah 16.440.987 juta unit, dengan melihat tingkat penggunaan kendaraan roda empat yang banyak, para pengusaha di bidang otomotif saling berkompetisi untuk membuka jasa perawatan dan perbaikan yang dibutuhkan oleh konsumen. Maka dari itu dalam penulisan tugas akhir ini , penyusun melakukan kerja praktik dan melakukan pengamatan secara langsung pada bagian Customer
Service . Selama menjalani kerja praktik tersebut didapatkan hasil berupa pekerjaan rutin yang dilakukan oleh seorang Customer Service yaitu memberikan pelayanan berupa , follow up setelah service kepada pelanggan , menerima service booking, melakukan review customer voices , melaksanakan customer visit , menangani
handling customer complaint , melakukan CS reports dan juga mengerjakan customer greeting cards . Adapun masalah yang muncul selama menjalani kerja praktik adalah terhambatnya kegiatan follow up setelah service kepada pelanggan dan juga ketidaknyaman pelanggan dengan pembatalan service booking akibat kurangnya
sinkronisasi booking service antara divisi service advisor dan juga customer service. Dari permasalahan diatas disarankan untuk membuat Standart Operasional Perusahaan yang formal dan apabila melanggar akan diberikan sanksi yang tegas , mengupgrade data pelanggan yang salah , menelefon berulang kepada pelanggan yang sulit di hubungi atau menghubungi via whatsapp , dan diadakan pelatihan sikap kedisiplinan untuk pegawai di perusahaan serta mengenai kurangnya sinkronisasi booking service antara divisi sales dan juga customer service akan dilakukan akumulasi jumlah pelanggan yang melakukan book service setiap waktunya agar informasi yang disampaikan kepada pelanggan jelas.

Kata Kunci : Customer Service , Pelayanan , Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Service , Pelayanan , Kepuasan Pelanggan
Subjects: Service
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Maria Grace Irene Siregar
Date Deposited: 02 Oct 2020 07:48
Last Modified: 02 Oct 2020 07:48
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item