Rumiris, Lamtiur (2020) LAPORAN KEGIATAN PENANGANAN KELUHAN (HANDLING COMPLAIN) PADA E-COMMERCE FIFADA DI PT FIFGROUP JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_COVER)
Lamtiur Rumiris_170301630_COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_HALAMAN PENGESAHAN)
Lamtiur Rumiris_170301630_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN)
Lamtiur Rumiris_170301630_Surat Pernyataan Keaslian.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_ABSTRAK)
Lamtiur Rumiris_170301630_ABSTRAK.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_KATA PENGANTAR)
Lamtiur Rumiris_170301630_KATA PENGANTAR.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_DAFTAR ISI)
Lamtiur Rumiris_170301630_DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 1)
Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 1.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 2)
Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 2.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 3)
Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 4)
Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 5)
Lamtiur Rumiris_170301630_BAB 5.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_DAFTAR PUSTAKA)
Lamtiur Rumiris_170301630_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_LAMPIRAN)
Lamtiur Rumiris_170301630_LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Lamtiur Rumiris_170301630_TUGAS AKHIR FULL)
Lamtiur Rumiris_170301630_TA FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Lamtiur Rumiris. NIM: 170301630. LAPORAN KEGIATAN PENANGANAN KELUHAN (HANDLING COMPLAIN) PADA E-COMMERCE FIFADA DI PT FIFGROUP JAKARTA SELATAN. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP Jakarta, Agustus 2020.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan dan aktivitas penanganan keluhan pada e-commerce FIFADA dan mengetahui apa saja permasalahan yang terjadi pada e-commerce FIFADA yang sering dikeluhkan customer serta mengetahui solusi atau penyelesaian complain yang diberikan kepada customer FIFADA. Tugas akhir ini disusun dengan metode observasi harian dan dokumentasi yang dilakukan selama 5 bulan dimulai dari bulan Januari sampai Mei 2020. Laporan magang ini difokuskan pada pekerjaan yang dilakukan pada Department Digital Operation yang dengan tugas utama ialah Handling complain via email support FIFADA. Adapun tugas tambahan melakukan uploading product ke dalam aplikasi e-commerce FIFADA. Selama melakukan kerja praktik pada e-commerce FIFADA di bawah naungan PT FIFGROUP ditemukan permasalahan yakni terlambat nya response atas email keluhan konsumen, terlambat nya response pengajuan yang diajukan konsumen kepada FIFADA dikarenakan jumlah pengajuan ke FIFADA yang dapat dikatakan semakin banyak, juga kurang nya tingkat ketegasan officer yang memegang controlling atas para Merchant yang bekerja sama dengan FIFADA yang juga memeliki pengaruh atas produk terkait dan sistem delivery. Dari permasalahan yang timbul di atas terdapat solusi untuk lebih baik yang ditujukan pada Department Digital Operation yaitu melakukan brief per tiap bulan untuk membahas keluhan konsumen terbanyak mengenai suatu perihal dan melahirkan suatu solusi secara bersama-sama, agar kedepannya konsumen tidak merasakan ketidakpuasan perihal yang sama, dan menumbuhkan rasa loyalitas terhadap e-commerce FIFADA. Solusi lain yang tidak kalah penting juga dengan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di bagian tim kredit, agar pengajuan yang diajukan oleh konsumen tidak mundur dari waktu yang sudah dijanjikan, juga dengan sistem FIFADA untuk melakukan upgrade sistem menghindari sistem error yang membuat pengajuan konsumen juga terhambat.
Kata Kunci: Handling Consumen, E-commerce.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Handling Consumen, E-commerce. |
Subjects: | Service |
Divisions: | D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika |
Depositing User: | Lamtiur Rumiris |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 07:06 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 07:06 |
URI: | http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/773 |
Actions (login required)
View Item |