Hidayati, Melya (2022) LAPORAN KERJA PRAKTIK PADA DIVISI IMPOR KANTOR CABANG PT. BERLIAN TRANSTAR ABADI (BTSA LOGISTICS) DI JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik APP Jakarta.

[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Cover)
Melya Hidayati_190202574_Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Lembar Keaslian Tugas Akhir)
Melya Hidayati_190202574_Lembar Keaslian Tugas Akhir.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Abstrak)
Melya Hidayati_190202574_Abstrak.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Kata Pengantar)
Melya Hidayati_190202574_Kata Pengantar.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Daftar Isi)
Melya Hidayati_190202574_Daftar Isi.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_BAB I)
Melya Hidayati_190202574_BAB I.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_BAB II)
Melya Hidayati_190202574_BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_BAB III)
Melya Hidayati_190202574_BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_BAB IV)
Melya Hidayati_190202574_BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_BAB V)
Melya Hidayati_190202574_BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Daftar Pustaka)
Melya Hidayati_190202574_Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Lampiran)
Melya Hidayati_190202574_Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_Tugas Akhir)
Melya Hidayati_190202574_Tugas Akhir.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (Melya Hidayati_190202574_ Tugas Akhir FULL)
Melya Hidayati_190202574_Lembar Pengesahan Tugas Akhir.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy

Abstract

Melya Hidayati. NIM: 190202574. LAPORAN KERJA PRAKTIK PADA DIVISI IMPOR KANTOR CABANG PT. BERLIAN TRANSTAR ABADI (BTSA LOGISTICS) DI JAKARTA. Tugas Akhir, Jakarta: Politeknik APP. Agustus 2022.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan informasi dalam bentuk laporan tentang hasil dari kegiatan selama periode pelaksanaan kerja praktik pada divisi impor di BTSA Logistics dan menyajikan informasi terkait proses pengajuan penerimaan dokumen merah/kuning pada Sistem Layanan Informasi Mandiri (SLIM 3.0), dan masalah yang dihadapi berupa keluhan pelanggan yang diterima oleh BTSA Logistics. Metode pemecahan masalah yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data didapatkan melalui observasi harian selama pelaksanaan kerja praktik, wawancara dengan staff BTSA Logistics, dan dokumentasi berupa dokumen dalam bentuk tabel yang didalamnya menjelaskan tentang keluhan yang disampaikan, media yang digunakan serta solusi yang diberikan oleh pihak BTSA Logistics. Masalah yang diuraikan dalam tugas akhir ini adalah kendala yang dihadapi selama kerja praktik yaitu kurangnya fasilitas, kurangnya sumber daya manusia, sehingga pekerjaan menjadi terhambat, terlambatnya pengambilan dokumen impor yang menyebabkan terganggunya proses kepabeanan, adanya penambahan biaya pembuatan delivery order yang tidak diketahui oleh importir, dan terlambatnya pengiriman barang ke gudang importir. Adapun usulan yang dapat diberikan atas masalah yang terjadi yaitu, pihak BTSA dapat memperbaiki fasilitas kantor, selalu memantau staff lapangan dan tetap selalu berkomunikasi, meminta kepada importir untuk memberikan penambahan estimasi pengiriman barang untuk menghindari keterlambatan pengiriman, dan BTSA Logistics diharuskan untuk selalu update mengenai delivery order ke perusahaan pelayaran. Selain itu, informasi lainnya yang dapat diberikan yaitu tentang proses pengajuan penerimaan dokumen merah/kuning melalui sistem yang dikembangkan oleh Bea Cukai Tanjung Priok, yaitu Sistem Layanan Informasi Mandiri (SLIM 3.0). Tugas Akhir ini juga menjelaskan secara garis besar tentang proses kerja dari BTSA Logistics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepabeanan, Dokumen Impor, Keluhan Pelanggan
Subjects: Perilaku Konsumen
Service
Pabean
Pabean > Import Customs
Divisions: D-3 Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT
Depositing User: Melya Hidayati
Date Deposited: 20 Sep 2022 05:00
Last Modified: 20 Sep 2022 05:00
URI: http://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item