Batubara, Faisal Hasbullah Analisis Hubungan Bauran Pemasaran terhadap Omzet Penjualan dan Jumlah Pembeli pada Industri Kecil Menengah Produk Makanan Ringan Kabupaten Ciamis. Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan, 15 (1). pp. 73-88. ISSN 1411-142X (Submitted)

[img] Text (Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan Vol 15 No.1 - Hal 73 - 88)
Majalah Manajemen Industri dan Perdagangan Vol 15 No.1 - Hal 73 - 88.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara variabel bauran pemasaran terhadap onzet penjualan dan jumlah pembeli. Dari hasil uji korelasi menunjukkan bahwa semua variabel bauran pemasaran berkorelasi positif secara signifikan dengan omzet penjualan dan jumlah pembeli, kecuali untuk vartabel promosi yang berkorelasi positif, tetapi tidak cukup signifikan dengan omzet penjualan Bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan mampu meningkatkan omzet penjualan, dan mampu meningkatkan jumlah pembeli. Hal ini terlihat dari hasil korelasi antara semua bauran pemasaran dan jumlah pembeli bernilai positif dengan hasil yang signifikan. Nilai korelasi yang positif menunjukkan bahwa semakin tinggi buaran pemasaran yang dilakukan semakin meningkat pula jumlah pembelinya sehingga mampu meningkatkan omzet penjualan perusahaan. Peningkatan jumlah pembeli dipastikan akan meningkatkan pula omzet penjualan perusahaan seperti dapat dilihat dari hasil korelasi yang positif dan signifikan sebesar 0.499

Dari hasil analisis deskrifnf menunjukkan bahwa pasar lokal dan regional masih menjadi tumpuan utama pemasaran produk-produk makanan ringan Kabupaten Ciamis Oleh karena itu, untuk mendorong perkembangan industri makanan ringan, maka perlu dilakukan penguatan terhadap pasar lokal misalnya dengan menata ulang pasar-pasar tradisional yang ada baik pasar grosir maupun pasar retail agar menjadi lebih menarik Di samping itu, pemasaran produk makanan ringan perlu dikombinasikan dengan menjadikan Kabupaten Ciamis sebagai Objek Tujuan Daerah Wisata OTDW yang menarik

Kata kunci : bauran pemasaran, omzet penjualan, jumlah pembeli

Item Type: Article
Subjects: Manajemen Organisasi
Sales
Perilaku Konsumen
Divisions: D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
Depositing User: Faisal Hasbullah Batubara
Date Deposited: 28 Apr 2023 18:23
Last Modified: 28 Apr 2023 18:23
URI: https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item