Batubara, Faisal Hasbullah Strategi Menghadapi Ketidakpastian Lingkungan Persaingan Bisnis dalam Industri Tekstil. Laporan Penelitian Tahun 2016. (Submitted)
Text (Laporan Penelitian Tahun 2016 - Faisal Hasbullah Batubara)
Laporan Penelitian Tahun 2016 - Faisal Hasbullah Batubara.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (Strategi Menghadapi Ketidakpastian Lingkungan Persaingan Bisnis dalam Industri Tekstil. Laporan Penelitian Tahun 2016)
Strategi Menghadapi Ketidakpastian Lingkungan Persaingan Bisnis dalam Industri Tekstil. Laporan Penelitian Tahun 2016.pdf - Published Version Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peta kondisi industri tekstil dan produk tekstil dan menentukan strategi yang tepat dalam menghadapi ketidak pastian lingkungan bisnis dalam industri tekstil dan produk tekstil.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan survey, wawancara, kuesioner dan observasi. Desain penelitian adalah penelitian eksplanasi deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah industri tekstil dan produk tekstil berskala besar, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan purpossive sampling, dimana sampel ditentukan berdasarkan perusahaan tekstil dan produk tekstil berskala menengah dan besar peserta program restrukturisasi mesin/peralatan industri TPT, sampel berjumlah 30.
Strategi yang dapat dilakukan pada industri tekstil dan produk tekstil adalah sebagai berikut: STRATEGI BIAYA RENDAH yang meliputi: Menurunkan biaya per unit, Menurunkan biaya material/bahan, Menurunkan biaya overhead. Menurunkan biaya persediaan; STRATEGI KUALITAS yang meliputi: Menurunkan tingkat kerusakan, Memperbaiki kinerja dan kehandalan produk, Memperbaiki kualitas pemasok/vendor, Menerapkan program pengendalian kualitas, Memperoleh sertifikat kualitas tingkat internasional, Memperoleh sertifikasi kualitas tingkat lokal; STRATEGI FLEKSIBILITAS yang meliputi : Menurunkan tenggang waktu pabrikasi. Menurunkan tenggang waktu perolehan bahan mentah dan penerimaan. Menurunkan waktu pengembangan produk baru, Menurunkan waktu ser up/changeover (waktu untuk menyiapkan suatu mesin atau proses untuk produksi), Meningkatkan model dan variasi produk. STRATEGI PENGIRIMAN yang meliputi Meningkatkan kehandalan pengiriman, Meningkatkan kecepatan pengiriman. Memperbaiki layanan sebelum penjualan dan pendukung yang bersifat teknis, Memperbaiki bantuan pelayanan teknis kepada pelanggan. Memperbaiki pelayanan setelah penjualan
Kata kunci: Strategi. Ketidakpastian Lingkungan Persaingan Bisnis. Tekstil
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Kewirausahaan Manajemen Strategis Sales Business Plan |
Divisions: | D-3 Manajemen Pemasaran Industri Elektronika |
Depositing User: | Faisal Hasbullah Batubara |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 19:35 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:43 |
URI: | https://repository.poltekapp.ac.id/id/eprint/3360 |
Actions (login required)
View Item |